PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Sekretaris DPRD Sumbar Raflis, "Informasi Publik Milik Semua"

Tanamonews.com - Padang l Empat panelis, Khairul Jasmi, Asrinaldi, Arif Yumardi dan Adrian Tuswandi ‘mempertanyakan' tentang pengelolaan informasi publik kepada Sekretaris DPRD Sumbar Raflis. 

Sekretaris DPRD Sumbar Raflis tidak gamang untuk buka-bukaan mengenai pengelolaan informasi publik di OPD yang dipimpinnya, pada presentasi Monev KI Sumbar menuju Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2021, Kamis 25/11/2021.

Raflis, yang merupakan birokrat senior di Pemprov Sumbar mampu mengelaborasi pengelolaan informasi publik pada kesempatan tersebut. 

Raflis menjelaskan, “Menciptakan sistem digital dalam pengelolaan informasi publik menjadi keniscayaan di DPRD Sumbar, tak ada masalah soal pengelolaan informasi publik di DPRD Sumbar."

Jurnalis senior Khairul Jasmi dalam penggaliannya mempertanyakan resiko bagi badan publik membuka informasi publik dan juga menanyakan soal followers media sesual resmi badan publik.

Tokoh akademisi Asrinaldi lebih menitik beratkan kapasitas SDM yang mengelola PPID. Arif Yumardi mendalami soal mengelola "counter" isu yang mendiskriditkan badan publik.

Sementara itu, Adrian Tuswandi lebih mengarahkan soal inovasi terkait permintaan informasi publik. “Adakah yang bisa bapak ibu meyakinkan, kami tentang manajemen informasi publik, sehingga badan publik bapak ibu tidak diragukan mendapatkan prediket informatif?,” tanya Adrian.

Pertanyaan panelis yang merupakan ahli dibidang masing-masing tersebut, dijawab lugas dan tegas oleh Raflis, dengan mengatakan, tidak pernah gamang dan takut untuk terbuka. Karena itu merupakan hak masyarakat untuk tahu.

“Kami di DPRD Sumbar tidak pernah takut untuk terbuka. Kami sudah menyiapkan ahli untuk hal tersebut. Karena informasi itu milik semua orang, termasuk masyarakat", ujar Raflis.

Raflis juga menambahkan, berbagai program untuk keterbukaan sudah dilakukan DPRD Sumbar, dan paling mudah untuk meng-akses-nya.

“Kami sudah buat berbagai program yang bisa diakses kapan saja dan siapa saja, dalam setiap saat, karena itu penting untuk keterbukaan, baik dalam penggunaan anggaran maupun kegiatan lainnya yang berasal dari keuangan negara,” tambahnya lagi.

Dalam presentasi keterbukaan tersebut, Raflis dengan percaya diri dan tidak merasa cemas, karena apa yang disampaikannya memang kenyataan, bukan opini semata. (**)

Posting Komentar

0 Komentar





Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza