PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Alirman Sori: Mahasiswa Pilar Utama dalam Sosialiasi Pancasila Sebagai Ideologi dan Dasar Negara

Tanamonews, Painan - Peran Mahasiswa dalam pembangunan dan peningkatan SDM di Indonesia menjadi salah satu penentu dalam kemajuan bangsa. Namun hal tersebut harus disesuaikan dengan nilai-nilai Pancasila yang menjadi dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sehubungan dengan hal tersebut, Anggota DPD RI Alirman Sori, melaksanakan Sosialisasi IV Pilar Kebangsaan yang digelar dalam bentuk kuliah umum bagi mahasiswa di Kabupaten Pesisir Selatan.

Dengan mengusung tema “Pancasila Dalam Prespektif Perguruan Tinggi” kegiatan yang digelar pada Sabtu (24/9) tersebut dihadiri oleh 200 mahasiswa Pesisir Selatan.

“Tema ini kita usung sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 12 tahun 2012, bahwa kewajiban kampus untuk melaksanakan mata kuliah uji Pancasila, agama dan kewarganegaraan. Hal ini dilaksanakan, agar norma-norma Pancasila melekat dan diwujudkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara bagi 273 juta jiwa penduduk Indonesia, termasuk mahasiswa,” ujar Alirman Sori, selaku narasumber dalam kegiatan tersebut.

Senator asal Sumatera Barat tersebut menilai, mahasiswa memiliki tanggung jawab dalam dalam mengartikulasikan makna dari Tri Dharma perguruan tinggi, yang harus diiringi dengan norma dan butir-butir Pancasila.

“Kita harapkan, mahasiswa setelah lulus harus mampu mengartikulasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pendidikan tinggi, penelitian dan terakhir pengabdian. Pada momentum pengabdian inilah, generasi penerus bangsa bertanggung jawab dalam menerapkan norma-norma Pancasila di luar Lingkungan kampus, ketika berada dan mengabdi ditengah-tengah masyarakat,” ungkapnya.

Selain itu, Alirman juga berharap khususnya bagi para alumni perguruan tinggi, kedepan dapat mensosialisasikan kepada masyarakat terkait dengan Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara.

“Denan pola pikir yang lebih komprehensif,  Tentunya kita juga sangat berharap nantinya kepada para alumni dari perguruan tinggi ini, dapat menjadi pilar utama dalam mensosialisasikan kepada masyarakat, terkait dengan Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara,” pungkasnya. (Bee)

Posting Komentar

0 Komentar

.com/media/




Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza