PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Legislator RI dan BPJS Kesehatan Sosialisasi Program JKN-KIS di Kab. Agam

Agam, Tanamo News - Anggota Komisi IX DPR RI, Ade Rezki Pratama mengajak masyarakat untuk mendaftarkan diri sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat. 

Asuransi kesehatan ini penting karena suatu saat akan kita gunakan dalam mendapatkan pelayanan di faskes, sesuai dengan pepatah "sediakan payung sebelum hujan", sediakan kartu bpjs kesehatan sebelum berobat. Hal itu disampaikan Legislator RI saat menghadiri sosialisasi  program JKN-KIS di aula kantor Camat Canduang Kab.Agam, Sabtu 19/11.

Program JKN-KIS salah satu upaya dalam mewujudkan gotong royong seluruh masyarakat, dimana dengan gotong royong semua pihak menjadi kunci utama dalam memastikan seluruh penduduk mendapatkan perlindungan jaminan sosial kesehatan, ujar politisi muda dari Fraksi Partai Gerindra tersebut.

Ade menuturkan, semua penduduk Indonesia wajib menjadi peserta bpjs kesehatan, khusus fakir miskin dan masyarakat tidak mampu akan dibayarkan oleh pemerintah pusat melalui APBN berdasarkan data BDT (basis data terpadu) dan dibayarkan oleh pemerintah daerah melalui APBD.

"Bila tidak mampu melalui APBD, kita akan bantu melalui APBN untuk membayarkan iuran bpjs agar masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan", tuturnya.

Dalam sosialisasinya, Kepala Bpjs Kesehatan Cabang Bukittinggi, Henny Nursanti,Skm menjelaskan, BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi membawahi lima daerah, yaitu Kota Bukittinggi, Kota Padang Panjang, Kabupaten Agam, Kabupaten Pasaman dan Kabupaten Pasaman Barat.

Untuk capaian kepesertaan program JKN KIS di Kabupaten Agam mencapai 86,9%. Jumlah ini masih tergolong rendah karena belum mencapai cakupan semesta jaminan kesehatan atau Universal Health Coverage (UHC) yaitu diangka 95%.

"Jika Kabupaten Agam telah mencapai UHC, sehingga jika ada warga sakit akan mendapatkan keistimewaan dalam pelayanan kesehatan tanpa harus menunggu 14 hari sejak mendaftar".

Beragam upaya dilakukan BPJS Kesehatan  dalam meningkatkan layanan peserta diantaranya, melalui aplikasi Mobile JKN, layanan chat assistant jkn atau chika, dan BPJS Kesehatan  care center 165.

Dengan layanan BPJS Kesehatan  care center 165, peserta dapat mengecek status kepesertaan, informasi tagihan, perubahan data seperti identitas, fasilitas kesehatan, kelas rawat, serta menyampaikan kepada officer terkait informasi dan keluhan.

BPJS Kesehatan  juga menggunakan Mobile Customer Service untuk memberikan pelayanan ke daerah daerah. Dan Sebagai solusi dan cara mudah bayar tunggakan iuran JKN KIS, Peserta juga dapat memanfaatkan program rencana pembayaran bertahap (rehab). 

Disamping itu, Pendaftaran BPJS Kesehatan juga bisa dilakukan secara online dengan memanfaatkan pelayanan administrasi melalui whatsApp (PANDAWA).

PANDAWA merupakan salah satu layanan dari BPJS Kesehatan untuk mengurus beberapa keperluan administrasi, contohnya seperti pendaftaran peserta baru. Layanan online tersebut bisa dihubungi di nomor WhatsApp “08118165165”, tuturnya mengakhiri. (Dina)

Posting Komentar

0 Komentar

.com/media/




Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza