PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

HMPS Tadris Kimia UIN MY Batusangkar Gelar Seminar Pendidikan Nasional dan COC 2023

Tanamonews - HMPS Tadris Kimia UIN Mahmud Yunus Batusangkar mengangkat acara yaitu Chemistry Olympics Challenge dan Seminar Pendididikan Nasional yang mana ini merupakan acara besar HMPS Tadris Kimia yang dilaksanakan dari tanggal 17-25 Mei 2023 di Aula Kampus 1 UIN Mahmud Yunus Batusangkar. 

Kegiatan ini dibuka secara langsung pada Rabu, 17 Mei 2023 oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Mahmud Yunus Batusangkar Prof. Dr. Suswati Hendriani, M.Pd, M.Pd dan dihadiri oleh Pembina HMPS Tadris Kimia Kurnia Rahmi Y, M. Sc, Dosen Tadris Kimia UIN Mahmud Yunus Batusangkar, SEMA FTIK UIN Mahmus Yunus Batusangkar yang diwakili oleh Komisi A Muhammad Iqbal Yendrizal, DEMA FTIK UIN Mahmud Yunus Batusangkar yang diwakili oleh anggota bidang PAO Rajash Maulaya. 

Dalam sambutannya Prof. Dr. Suswati Hendriani, M.Pd, M.Pd mengungkap terimakasihnya kepada Program Studi Tadris Kimia dan memberikan semangat dan motivasi kepada para peserta lomba baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri yang akan mengikuti cabang lomba pada kegiatan COC 2023 dan Seminar Pendidikan Nasional. 

Sementara itu Ketua Umum HMPS Tadris Kimia FTIK UIN Mahmud Yunus Batusangkar Rezki mengungkapkan bahwa “ kegiatan ini mengangkat 2 jenis kegiatan yaitu COC 2023 dengan tema Enhance creativity and science literacy through COC dan Seminar Pendidikan Nasional dengan tema Pembelajaran kimia berbasis literasi sains dan teknologi untuk membangun generasi excellent. Acara ini juga ajang bagi para mahasiswa perguruan tinggi yang ada di Indonesia maupun diluar Indonesia. 

Kegiatan Chemistry Olympics Challenge (COC) 2023 dan Seminar Pendidikan mengangkat acara tingkat mahasiswa yang dimana untuk total seluruh peserta pada kegiatan ini yaitu sebanyak 197 orang peserta baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri. 

Pada kegiatan COC 2023 ini diangkat 3 cabang lomba yaitu Olimpiade Kimia tingkat mahasiswa Sumbar, Riau dan Jambi, lomba Fotografi tingkat Internasional yang telah diikuti oleh 4 negara yaitu Mesir, Cina, Malaysia dan Indonesia, lomba Video paktikum sederhana tingkat nasional yang diikuti oleh beberapa perguruan tinggi di Indonesia. 

Pada lomba Olimpiade Kimia dinilai oleh 2 juri yaitu Dr. Elvy Rahmi, M.Si (Dosen Kimia UIN Mahmud Yunus Batusangkar) dan Sri Wahyuni, M.Si (Dosen Kimia Politeknik Teknologi Kimia Industri Medan). Kemudian juri cabang lomba fotografi Prof. Dr. Akrajas bin Ali Umar (Dosen Kimia Universitas Kebangsaan Malaysia) dan juri cabang lomba video praktikum sederhana tingkat nasional Lazulva, M.Si (Dosen Kimia UIN Sultan Syarif Kasim Riau). 

Cabang lomba fotografi dan video praktikum sederhana dilakukan penilaian oleh juri secara online dan untuk olimpiade kimia dilaksanakan penilai selama tiga hari yaitu babak penyisihan (Jumat, 19 Mei 2023), babak semifinal (Senin, 22 Mei 2023) dan babak Final (Kamis, 25 Mei 2023). 

Pada kegiatan ini diadakan Seminar Pendidikan Nasional yang mana kegiatan ini mengangkat tema yaitu Pembelajaran kimia berbasis literasi sains dan teknologi untuk membangun generasi excellent  yang mengundang pemateri Dosen Kimia Universitas Andalas Prof. Dr. Rahadian Zainul, M.Si yang mana kegiatan ini diadakan selama satu hari pada Rabu, 17 Mei 2023. Kegiatan ini dibersamai oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan ilmu Keguruan UIN Mahmud Yunus Batusangkar Prof. Dr. Suswati Hendriani, M.Pd, M.Pd dan Dosen Tadris Kimia UIN Mahmud Yunus Batusangkar. 

Untuk pemenang cabang lomba Olimpiade Kimia tingkat sumbar, riau dan jambi yaitu : 1. Tiara Firjatullah sebagai juara satu (UIN MY Batusangkar), 2. Elisia Yuliartini sebagai juara dua (UIN MY Batusangkar), dan 3. Siti Sarah sebagai juara tiga (Universitas Negeri Padang)

Untuk pemenang cabang lomba Fotografi tingkat internasional yaitu: 1. Farikha Diah Andini sebagai juara satu (Universitas Pendidikan Indonesia), 2. Elisia Yuliartini sebagai juara dua (UIN MY Batusangkar), 3. Muhammad Taufiq Udzri sebagai juara tiga ( UIN MY Batusangkar), dan 4. Jihan Safitri sebagai juara terfavorit ( UIN MY Batusangkar)

Untuk pemenang cabang lomba Video Praktikum Sederhana tingkat Nasional yaitu: 1. Citra Nur Amalina sebagai juara satu (Universitas Pendidikan Indonesia), 2. Inggar Tri Larasati sebagai juara dua (Universitas Brawijaya), 3. Alifah Putri Salsabila sebagai juara tiga ( UIN MY Batusangkar), dan 4. Ulfa Mutia sebagai juara terfavorit (UIN MY Batusangkar) 

Acara ini ditutup secara langsung pada Kamis, 25 Mei 2023 oleh Wakil Dekan III Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Mahmud Yunus Batusangkar Dr. H. Muhammad Yusuf Salam, S.Ag, M.Ag . 

Dalam sambutannya Dr. H. Muhammad Yusuf Salam, S.Ag, M.Ag mengungkapkan apresiasinya kepada Program Studi Tadris Kimia yang telah mengangkat acara ini dan juga memberi semangat kepada peserta yang ikut cabang lomba baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri.(zil)

Posting Komentar

0 Komentar

.com/media/




Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza