PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Peserta K.I.E Membludak, Ade Rezki Pratama; Masyarakat Peduli Keamanan Obat dan Makanan

Padang Pariaman, Tanamonews.com - Guna mengedukasi pentingnya keamanan obat dan makanan, Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) di Padang menggelar kegiatan Komunikasi Informasi Edukasi di aula SMA INS Kayu Tanam, Jumat 21 Juli 2023.

Sosialisasi keamanan obat dan makanan tersebut menghadirkan langsung Anggota komisi IX DPR RI, Ade Rezki Pratama sebagai mitra kerja BBPOM di Padang. Ade Rezki Pratama meapresiasi antusias masyarakat yang hadir melebihi jumlah undangan. Ia mengatakan komunikasi informasi dan edukasi sangat penting dilakukan agar masyarakat memahami keamanan obat dan makanan yang dikonsumsinya.

Menurutnya, keamanan pangan diselenggarakan untuk menjaga pangan tetap aman, higienis, bermutu dan terhindar dari bahaya biologis dan kimia yang dapat membahayakan kesehatan manusia. Demikian pula dengan efek merugikan dari obat. Obat dengan bahan kimianya dapat memicu penyakit.

"Mengingat dampak yang disebabkan obat dan makanan yang tidak aman cukup besar, maka diperlukan upaya bersama untuk menjaga agar masyarakat memahami potensi cemaran dalam pangan dan efek obat pada organ manusia," ujarnya.

Oleh sebab itu, BBPOM dalam hal ini, telah menyediakan mekanisme strategi preventif melalui pemberdayaan masyarakat dengan melakukan kegiatan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) bersama lintas sektor/tokoh masyarakat.

"Saya ingin, upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat melalui pengawasan obat dan makanan perlu didukung berbagai pihak untuk mewujudkan terciptanya konsumen cerdas," ungkapnya.

Kepala BBPOM di Padang, Drs.Abdul Rahim,Apt.,M.Si menyampaikan, balai besar pom di Padang adalah unit pelaksana di Provinsi Sumatera Barat yang merupakan lembaga non kementerian yang bertugas dalam pengawasan obat dan makanan.

Berdasarkan peraturan presiden nomor 80 tahun 2017 tentang badan pengawas obat dan makanan. Bbpom sendiri memiliki visi, untuk menciptakan obat dan makanan aman bermutu dan berdaya saing untuk mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian berlandasan gotong royong.

Kepala BBPOM di Padang menambahkan, BBPOM berperan dalam pengawasan pre market dan post market untuk menjamin keamanan mutu dan kemanfaatan produk beredar. Memberdayakan masyarakat agar menjadi konsumen cerdas hanya menggunakan produk yang aman, bermutu dan bermanfaat.

Tujuan kegiatan ini untuk terus menerus secara intensif, melakukan pemberdayaan masyarakat, agar menjadi konsumen yang cerdas bisa memilih obat dan makanan yang aman untuk dikonsumsi. (Dina)

Posting Komentar

0 Komentar

.com/media/




Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza