PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

DPRD Sumbar Gelar Rapat Paripurna Dalam Rangka Hari Jadi Sumatera Barat ke - 78

Tanamonews.com - Padang l Ketua DPRD Sumbar Supardi meminta peringatan Hari Jadi Sumatera Barat ke-78 yang jatuh pada 1 Oktober 2023 agar dijadikan sebagai momentum untuk evaluasi, apakah perkembangan Sumatera Barat hari ini sudah berjalan sesuai yang diharapkan atau belum.

Supardi mengatakan, "Sesuai Perda yang kita sahkan, ini mau keempat kalinya kita memperingati Hari Jadi Sumatera Barat. Untuk hal ini, hendaknya ada momen -momen penting yang kita implementasi dalam hidup bernegara. Artinya tidak hanya sekedar seremonial saja yang kita lakukan dalam rangka peringatan Hari Jadi Sumatera Barat, seperti menggelar Rapat  Paripurna, memberikan sambutan ini, itu, dan yang lainnya."

Supardi menambahkan, sejalan dengan momentum peringatan Hari Jadi Sumatera Barat pihaknya mengajak seluruh stakeholder terkait untuk mengevaluasi kembali kebijakan-kebijakan yang sudah dijalankan, apakah sudah sesuai dengan amanat Undang - Undang atau belum. Baik itu tentang masalah kemiskinan, soal pendidikan, pemerataan pembangunan, dan yang lainnya. 

"Harus sampai ke sana kita memaknainya, kita Sumatera Barat sudah sampai posisi mana. Dari  sekian banyak provinsi di Indonesia, Sumatera Barat berada dimana?", kata Supardi. 

Supardi mengatakan, jika dilihat ke masa dahulu, Republik ini hampir 70 persennya didirikan oleh orang Minang. Sumbangsih orang Minang terhadap Republik ini begitu luar biasa. Ia berharap sukses orang Minang di masa lalu dengan tokoh -tokohnya yang begitu dikenal di tingkat nasional dan bahkan dunia, hendaknya juga bisa tergambar untuk saat sekarang ini.

Jika tidak mungkin melebihi sukses tokoh-tokoh Minang yang terdahulu tersebut, kata dia, kesuksesan Sumatera Barat hari ini minimal setidaknya bisa sama dengan masa ketika tokoh-tokoh terdahulu itu ada. 

"Artinya apa, kita tidak ingin Sumatera Barat masuk sebagai Provinsi  terbelakang, kalau bisa Sumbar ini hendaknya sebagai lokomotif dari provinsi - provinsi yang lain. Meskipun dari jumlah penduduk, luas wilayah kita masih kalah dengan Jawa, tapi secara kualitas manusianya, pembangunan, kita harus di atas Provinsi lain, karena itu yang dicontohkan para pendahulu kita", kata Supardi. 

Supardi menambahkan, berangkat dari semua hal tadi tentunya penting bagi semua stakeholder untuk menjadikan momentum Peringatan Hari Jadi Sumatera Barat ke-78 sebagai momen evaluasi atas kebijakan-kebijakan yang telah dilaksanakan. 

Bicara tentang potensi yang dimiliki, Sumatera Barat dinilai memiliki banyak keterbatasan baik dari sisi sumber daya alam, industri, begitupun dari sisi pariwisata yang masih jauh banyak ketinggalan. Maka dari itu, untuk bisa maju ia berpandangan Sumbar harus bisa menonjolkan hal yang tak dimiliki daerah lain, sebagai contohnya adalah otak. Sumbar kata dia, harus bisa menjadi daerah industri otak yang mampu melahirkan orang-orang cerdas seperti yang pernah ada sebelumnya.

"Sumatera Barat harus bisa memproduksi orang-orang cerdas, bukan pintar ya, karena menurut saya cerdas dengan pintar itu berbeda. Perguruan tinggi, tiap tahun mampu melahirkan orang pintar, tapi cerdas tidak", katanya.

Supardi menuturkan, orang-orang cerdas dari Sumatera Barat pada masa dahulu seperti Agus Salim, Mohammad Hatta, M. Natsir dan Tan Malaka.

Mereka adalah tokoh-tokoh nasional yang dikenal berasal dari Minang, dimana sejatinya mereka banyak juga yang tidak sekolah, atau tak memiliki latar belakang pendidikan yang tinggi. Namun nama mereka besar, disegani, kecerdasan mereka diakui dunia, dan dikenang hingga saat ini.

"Seperti Tan Malaka, itu dia tidak tamat sarjana, tapi bisa jadi dosen di berbagai universitas yang ada di dunia, seperti di Belanda dan di Rusia. Ia jugalah orang pertama yang mampu menjadi anggota parlemen Belanda saat Indonesia masih dijajah", katanya. 

Ditegaskan Supardi SDM dengan kecerdasan seperti itu lah yang harus bisa dilahirkan Sumatera Barat hari ini. "Itu lah sumber daya yang harus kita kelola yang tidak dimiliki daerah lain. Karena sesungguhnya untuk membangkitkan kembali Sumatera Barat kita butuh pemimpin-pemimpin yang cerdas, tidak hanya pemimpin yang pintar", tukas Supardi. 

Rapat Paripurna Peringatan Hari Jadi Sumatera Barat pada 1 Oktober 2023 dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Sumatera Barat Supardi yang didampingi Wakil Ketua DPRD Sumbar Irsyad Syafar, Suwirpen Suib dan Sekretaris DPRD Sumbar Raflis. Dalam Rapat Paripurna itu dihadiri oleh Gubernur Mahyeldi,  Wakil Gubernur Audy Joinaldy beserta unsur Forkopimda lainnya, Anggota DPRD Sumbar, tokoh nasional dari Sumatera Barat Prof. Dr. Djohermansyah Djohan, Anggota DPR RI, Anggota DPD RI, tokoh masyarakat, Bupati dan Wali Kota, Guru - Guru SMA/SMK, LSM, Ormas dan sejumlah pihak lainnya.

Di awal Rapat Paripurna itu, Ketua DPRD Sumbar Supardi mengatakan, "Sesuai dengan Perda Provinsi Sumatera Barat Nomor 4 Tahun 2019 tentang Hari Jadi Sumatera Barat, tanggal 1 Oktober 1945 dijadikan sebagai titik tolak Hari Jadi Sumatera Barat karena KNID-SB (Dewan Perwakilan Rakyat Sumatera Barat) dalam rapat KNID-SB tanggal 1 Oktober 1945 memutuskan untuk membentuk kembali keresidenan Sumatera Barat dan mengambil alih kekuasaan dari pendudukan Jepang. Oleh sebab itu, pada setiap tanggal 1 Oktober sebagai salah satu rangkaian peringatan hari jadi Sumatera Barat dilakukan Rapat Paripurna DPRD Provinsi Sumatera Barat."

Supardi menambahkan, "Hari ini Ahad tanggal 1 Oktober 2023, merupakan Hari Jadi Provinsi Sumatera Barat ke-78. Tema yang Kita usung pada hari jadi kali ini yaitu “Sumbar Terus Maju menuju Sejahtera “, dengan harapan tema ini dapat memotivasi kita bekerja dan mengabdi lebih baik lagi untuk kemajuan pembangunan daerah yang kita cintai ini."

"Tanggal 1 Oktober 1945, merupakan Hari Jadi Provinsi Sumatera Barat sebagai kesatuan masyarakat dan daerah dalam kerangka NKRI. Penetapan tanggal 1 Oktober 1945, tentu tidak mengurangi makna dan eksistensi daerah Sumatera Barat yang telah ada jauh sebelum penetapan Hari Jadi tersebut. Sejarah perjalanan panjang Provinsi Sumatera Barat, baik sebelum maupun setelah ditetapkan Hari Jadi Sumatera Barat pada tanggal 1 Oktober 1945, telah membawa daerah pada kondisi yang mengalami pasang surut. Banyak kemajuan-kemajuan yang telah di capai dalam peradaban kehidupan masyarakat Sumatera Barat, namun tentu saja masih banyak kekurangan - kekurangan yang perlu kita benahi bersama. Sehubungan dengan hal tersebut, pada kesempatan ini  perkenankan kami mengingatkan kembali sambutan beberapa tokoh yang telah berkenan hadir pada peringatan hari jadi Sumatera Barat terdahulu, diantaranya : 

Sambutan Bapak Jusuf Kalla salah seorang Urang Sumando kita, Mantan Wakil Presiden Republik Indonesia pada Hari Jadi Sumbar ke-77 menyampaikan bahwa kekuatan Sumbar terletak pada Sumber Daya Manusianya. Sumbar bisa maju karena SDM-nya. Dengan kata lain orang Minangkabau memakai otaknya, bukan otot. Itulah orang Minang, selalu berfikir. Beliau menilai Kemajuan Sumbar itu dimulai dari pendidikan dan ini sudah terlihat sebelum Indonesia merdeka, orang Minang sudah banyak yang sarjana bahkan lebih. Soal penguasaan perdagangan apalagi, agama juga maju. Tapi sekarang kemajuan itu sudah berubah, saat ini Sumatera Barat tidak lagi menjadi gudangnya para intelektual, tingkat kemajuan ekonominya nya tidak sesuai dengan kemampuannya, hingga makin hilangnya ulama asal Sumbar yang berkiprah di kancah nasional. Banyak faktor yang menyebabkan degradasi tersebut. Tidak ada jalan lain sebagai solusinya hanyalah dengan memajukan pendidikan, menguatkan pengkaderan ulama dan peningkatan ekonomi masyarakat dengan meningkatkan perkebunan rakyat. Perlu suatu upaya memajukan kembali Sumbar. Kembalikan marwah keagamaan dari orang Minang. Ada degradasi pendidikan keagamaan yang harus jadi perhatian", ujar Supardi. 

Dalam sambutannya, tokoh nasional dari Sumatera Barat Prof. Djohermansyah Djohan menyampaikan pidato dengan tema "Refleksi 78 Tahun Sumbar dan Strategi Akselerasi Pemda ke Depan". Djohermansyah Djohan memaparkan capaian Sumbar saat ini, aneka kendala dan strategi akselerasi pemerintahan Sumbar ke depan.

Djohermansyah Djohan yang merupakan Guru Besar IIP/IPDN sejak tahun 2005 hingga sekarang menyampaikan 6 (enam) strategi akselerasi pemerintahan Sumbar ke depan. Hal itu antara lain : 

1. Pandai-pandai menjalin relasi dgn orang pusat (penguasa negara): 

2. Sapa dan rangkul erat perantau minang:

3. Perkuat perencanaan terintegrasi (kab/kota-prov-pusat), manfaatkan momentum pasca Pemilu/Pilkada 2024: 

4. Bangun Governansi  

5. Gerakkan desentralisasi budaya secara masif: 

6. Kembangkan pilot proyek DPRD inovatif.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi dalam sambutannya pada Rapat Paripurna itu menyampaikan,  "Di Hari Jadi Sumbar ke-78 ini izinkan Kami menyampaikan beberapa prestasi Pemda yang diapresiasi oleh Pemerintah, baik Presiden langsung maupun dari kementerian/lembaga, diantaranya:

1. Penghargaan atas capaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang ke-11 kali secara berturut-turut. Ini merupakan bukti akan baiknya pengelolaan keuangan pemerintah daerah; 

2. secara bersamaan Gubernur dan Wakil Gubernur menerima penghargaan Satyalancana Pembangunan dan Satyalancana Wira Karya dari Presiden RI, ini merupakan bukti kesungguhan Pemprov Sumbar di bidang pertanian;

3. Peringkat 3 Nasional Penerapan Standar Pelayanan Minimal Award (SPM Award) dari Menteri Dalam Negeri RI sebagai bukti keberpihakan Sumatera Barat kepada masyarakat miskin dan sekaligus wujud optimalisasi pemerataan pelayanan dasar di Sumatera Barat;

4. Penghargaan Innovative Government Award (IGA) dari Menteri Dalam Negeri RI sebagai bukti tingginya inovasi Pemprov Sumbar;

5. Penghargaan Kepala Daerah Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) terbaik Tahun 2023 dari Menteri Ketenagakerjaan RI, penghargaan ‘Green Leadership Nirwasita Tantra 2022’ dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI;

6. Penghargaan Bintang Adidaya Jagadita dari Menteri Perindustrian RI merupakan penghargaan tertinggi bidang Koperasi yang menunjukkan keseriusan Pemprov Sumbar dalam melaksanakan pemberdayaan kepada koperasi di Sumatera Barat;

7. Lencana Satya Utama Inovasi Desa yang diberikan oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, atas keberhasilan Pemprov Sumbar dalam pembinaan pemberdayaan masyarakat desa dalam menggunakan teknologi tepat guna sehingga bermanfaat untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat desa;

8. Anugerah KPAI 2023 dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, atas kontribusi Pemprov Sumbar dalam hal pemenuhan hak dan perlindungan anak;

9. Penghargaan Nirwasita Tantra 2022 dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan adalah bukti Pemprov Sumbar dinilai telah merumuskan dan menerapkan kebijakan dan program kerja sesuai dengan prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan guna memperbaiki kualitas lingkungan;

10. Penghargaan atas Penindakan dan Penegakan Hukum Terhadap Sindikasi Kejahatan Terhadap Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari BP2MI, ini bukti bahwa kita telah berupaya melindungi PMI khususnya yang berasal dari Sumatera Barat; dan banyak penghargaan lagi lainnya yang diterima atas nama kita semua masyarakat Sumatera Barat."

"Di akhir penyampaian ini, sekali lagi Kami mengapresiasi banyaknya keberhasilan yang telah dicapai Pemerintah Provinsi dan DPRD Provinsi Sumatera Barat selama ini. Apresiasi tidak lupa juga kami berikan kepada seluruh ASN di Lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, Instansi Vertikal, BUMN/BUMD, serta seluruh masyarakat. Keberhasilan yang dicapai tidak akan terwujud tanpa adanya hubungan baik, harmonisasi penyelenggaraan pemerintahan, serta dorongan dan keikutsertaan masyarakat. Kami berharap, hubungan baik ini dapat selalu terjaga sampai kapanpun", pungkas Gubernur Mahyeldi menutup sambutannya dalam Rapat Paripurna DPRD Sumatera Barat dalam rangka Peringatan Hari Jadi Sumatera Barat yang ke - 78. (Pariwara Ucapan Hari Jadi Sumbar)

Posting Komentar

0 Komentar

.com/media/




Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza