PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Rangkaian UNP Expo 2023 di Hari Pertama, LPPM Gelar Talkshow Bersama Kemenkumham Bertemakan Melek HKI

Tanamonews.com, Padang - Dalam rangkaian acara UNP Expo 2023 hari pertama, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Padang (UNP) menggelar Talkshow bersama Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Senin (4/12/2023) di Auditorium UNP.

Talkshow yang mengusung tema 'Melek' HKI (Hak Kekayaan Intelektual) ini mendatangkan Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemham Sumatera Barat Haris Sukamto, AKS, SH, MH sebagai pembicara.

Talkshow yang dipandu oleh moderator Dwi Sudarno Putra, ST, MT yang merupakan Dosen Fakultas Teknik ini berlangsung sangat seru, hal ini terlihat dari antusiasnya penonton yang ikut bertanya dalam sesi tanya jawab baik itu dari dosen maupun mahasiswa.

Dalam materinya, Haris Sukamto membagikan betapa pentingnya kekayaan intelektual bagi perguruan tinggi. Ia memulai pembahasannya dengan memaparkan mengenai apa itu kekayaan intelektual dan HKI.

Hak kekayaan intelektual (HKI) didefinisikan sebagai hak untuk memperoleh perlindungan secara hukum atas kekayaan intelektual sesuai dengan peraturan perundang-undangan di bidang HKI. 

KI yang dilindungi oleh hukum, misalnya paten, hak cipta, dan merek, yang memungkinkan orang memperoleh atau pengakuan manfaat finansial dari apa yang mereka temukan atau ciptakan,” jelasnya.    

Tak hanya itu ia juga memaparkan mengenai cara memperoleh HKI, manfaat HKI, ruang lingkup kekayaan intelektual serta identifikasi KI berdasarkan rumpun keilmuan. (*)

Posting Komentar

0 Komentar

.com/media/




Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza