PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Ade Rezki Pratama Resmikan Penggunaan Jalan Usaha Tani di Payakumbuh

Payakumbuh, Tanamonews.com - Anggota komisi IX DPR RI Ade Rezki Pratama, resmikan penggunaan jalan usaha tani kelompok tani munggu panjang di kelurahan ikua koto dibalai Kecamatan Payakumbuh utara, Kamis 11 Januari 2024. 

Peresmian dilakukan bersama Kabid sarana prasarana Dinas Pertanian kota Payakumbuh, Lurah Ikua Koto dibalai, koordinator penyuluh pertanian Payakumbuh Utara dan ketua kelompok tani munggu panjang. Dalam sambutannya, Ade Rezki Pratama menyebutkan, Bantuan ini tidak datang begitu saja, ini rentetan yang kita cita citakan bersama.

Pembangunan dilakukan karena para petani mengalami masalah saat membawa hasil tani karena terkendala jalan yang bermasalah. Pada tahun 2022 lalu,  Petani mengusulkan jalan usaha tani yang digunakan untuk membawa hasil panen, dan apa yang diusulkan tersebut semua diterima, yaitu paket Jalan usaha tani, Irigasi dan sarana informasi penyuluhan, ucap Ade.

Legislator RI, meapresiasi ketua kelompok, koordinator, kabid dan kadis yang telah sukses menuntaskan persoalan petani hingga jalan usaha tani ini bisa digunakan. Kepala dinas yang diwakili kabid sarana prasarana Dinas Pertanian kota Payakumbuh, Abdullah Sani, ST menyampaikan ucapan terimakasih kepada Legislator RI, Ade Rezki Pratama, yang telah memperjuangkan usulan kelompok tani hingga hari ini bisa dimanfaatkan penggunaannya.

Masyarakat dan kelompok tani diharapkan dapat memanfaatkan jalan sebaik mungkin, lakukan pemeliharaan dan rawat jalan ini bersama agar bertahan lama, harap Abdullah. Koordinator balai penyuluhan pertanian Kecamatan Payakumbuh Utara, Yuliza, menyampaikan panjang jalan tani 268 meter yang merupakan Jalan usaha tani,  kelompok tani munggu panjang di Kelurahan Ikua Koto dibalai Kecamatan Payakumbuh Utara.

Dilokasi terdapat empat kelompok tani, dengan 160 lebih petak sawah yang berada di dua kelurahan, keltan sumur dayang , anak jua, bina bersama dan kelompok tani munggu panjang. Ke empat kelompok tani memiliki 120 anggota yang menggarap padi Jenis unggul lokal, seperti junjuang anak daro, dan kuriak kusuik. Sekali panen kelompok tani tersebut menghasilkan produktivitas 5,8 ton per hektar.

Di Kota Payakumbuh, 33 titik kelompok tani mendapat bantuan berupa dana alokasi khusus melalui dana aspirasi ade rezki pratama, yang digunakan untuk meningkatkan kualitas irigasi dan jalan usaha tani. Nilai 100 juta rupiah per kelompok tani tahun berikutnya kelompok tani lain juga diusulkan, para petani bertumpu kepada Ade Rezki Pratama sehingga mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat. ( dina )

Posting Komentar

0 Komentar

.com/media/




Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza