PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Membanggakan, Dua Mahasiswa Pendidikan Fisika UNP Berhasil Terbitkan Jurnal Internasional Bereputasi Q2

Tanamonews.com - Prestasi yang membanggakan datang dari mahasiswa S-1 pendidikan Fisika  Najmi Asfiya dan Monadia Pratiwi Nenggala tahun masuk 2019 berhasil mempublikasikan artikel di jurnal Internasional Bereputasi Q2 sebagai penulis pertama.  Judul artikel masing-masing mahasiswa tersebut yaitu masing-masing mahasiswa tersebut yaitu "Development of e-module for independent learning of physics material based on Independent Curriculum" dan "Student Worksheet for solving problem in  physics material based on Problem Based Learning". Mahasiswa tersebut dibawah bimbingan Prof. Pakhrur Razi, Ph.D. Rabu, 24 Januari 2024.

Menurut Najmi, proses publikasi artikel pada jurnal ilmiah sama sulitnya dengan membuat Skripsi, hal itu dikarenakan membutuhkan kesabaran dan ketelatenan yang harus dilewati dengan baik. Bahkan proses penerbitan juga tidak mudah, apalagi Q2. Najmi dan Mona mengatakan bahwa menulis artikel memang sudah menjadi bagian dari tugas matakuliah. Namun untuk menulis artikel untuk terbit di jurnal terindex scopus merupakan pengalaman yang baru. 

Mereka tidak menyangka bahwa jurnal artikel yang telah ditulis diterima dalam kurun waktu kurang lebih 3 bulan. Najmi dan Mona mengakui bahwa dalam penulisan jurnal artikel ini mereka mengalami beberapa kesulitan, contohnya seperti menyusun pendahuluan yang baik dan meyakinkan pembaca hingga tata bahasa yang digunakan. Dengan tekad yang kuat, komitmen yang tinggi, serta mengikuti dengan baik arahan dan bimbingan dari dosen pembimbing, kedua mahasiswa UNP ini dapat menerbitkan jurnal Internasional bereputasi Q2.

“Saya belajar banyak hal dari dosen tentang cara dan trik tembus Jurnal nasional bereputasi dan internasional. Hal itulah yang menginspirasi saya untuk bisa belajar. Selain untuk syarat kompre, riwayat publikasi ini juga menambah portofolio untuk melanjutkan studi maupun untuk masuk ke dunia kerja”, tutur Najmi. Ia berharap apa yang diraihnya dapat menginspirasi mahasiswa lainnya untuk dapat menulis artikel dengan kualitas yang baik.

Oleh karena itu, Prof Pakhrur Razi, P.hD tidak bosan-bosannya untuk terus mengajak seluruh civitas akademika khususnya yang ada di Universitas Negeri Padang untuk dapat lebih produktif dalam mempublikasikan karya atau hasil pendidikan (pengajaran), penelitian, dan pengabdian masyarakat di jurnal internasional yang ter-index Scopus. Lebih lanjut, ia berharap dosen dan mahasiswa dapat terus berkolaborasi dalam melakukan penelitian dalam rangka meningkatkan reputasi perguruan tinggi.

“Saya rasa dosen dan mahasiswa itu adalah civitas akademika yang harus terus berkolaborasi untuk meningkatkan reputasi perguruan tinggi. Baik itu dalam hal pemeringkatan, perengkingan, maupun reputasi akademik. Sehingga dosen yang baik itu adalah dosen yang bisa bekolaborasi dengan mahasiswa, mendorong, memotivasi, dan mengarahkan mahasiswa untuk bisa menghasilkan output yang sama yaitu publikasi,” tutur Prof Razi.*

Posting Komentar

0 Komentar

.com/media/




Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza