PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Rania, Mahasiswa Prodi S1 ​​Pendidikan Fisika yang Berhasil Publis Artikel di Jurnal Internasional Terindeks Scopus Q2

Tanamonews.com - Sungguh  Pengalaman berharga dan puas berhasil ditoreh oleh mahasiswa prodi S1 ​​Pendidikan Fisika bernama Rania Atara Isra. Pada Desember 2023 kemarin, Rania sebagai penulis pertama, berhasil mempublikasikan artikel di jurnal internasional bereputasi terindeks Scopus Q2, di bawah bimbingan dosen pembimbing, ibu Dr. Fatni Mufit, S.Pd, M.Si. Artikel berjudul “Pemahaman Konseptual Siswa dan Penyebab Kesalahpahaman pada Hukum Newton”, merupakan hasil skripsi, bagian dari penelitian payung dosen pembimbing. Kurang lebih dalam masa setahun, artikel dapat dipublikasikan setelah melalui proses review dan revisi yang cukup ketat dari pihak jurnal. Minggu, 28 Januari 2024.

Menurut Rania, dalam pembuatan artikel ini membutuhkan kemampuan yang ekstra karena tidak hanya membutuhkan referensi jurnal yang relevan yang terindeks jurnal internasional tetapi juga dalam penggunaan kata-kata penjelasan yang lebih mendalam dan mudah dipahami. membantu Rania alami dalam menulis artikel yakni dalam menemukan referensi penelitian yang relevan terutama yang dipublikasikan di jurnal internasional, dimana topik penelitian yang diteliti masih sangat minim dilakukan oleh peneliti lain. Referensi pada artikel harus lebih banyak menggunakan artikel internasional, berbeda dengan referensi pada saat menyusun skripsi. Namun demikian, dengan keuletan dan kegigihan serta bimbingan dan arahan dari dosen pembimbing, akhirnya artikel tersebut dapat dipublikasikan.

Sebelumnya di semester enam, Rania juga berhasil menerbitkan artikel di jurnal nasional terakreditasi Sinta 4, sebagai produk matakuliah Seminar Pembelajaran Fisika, juga dibawah dosen pengampu matakuliah Dr. Fatni Mufit. Dalam pembuatan artikel Rania belajar banyak tentang bagaimana cara membuat artikel yang baik dan benar, saya terus belajar dalam pembuatan karya ilmiah yang baik. Atas bimbingan dan arahan dari dosen, saya mampu menulis artikel yang berkualitas dan kedepannya saya berharap dapat menulis kembali artikel nasional maupun internasional bereputasi serta menginspirasi mahasiswa lainnya dalam menulis artikel yang berkualitas, ujar Rania.

Dr. Fatni Mufit menyampaikan bahwa pengalaman meneliti dan menulis, merupakan pengalaman berharga bagi mahasiswa. Dosen dapat memberikan topik terkini dan memfasilitasi pelajar dengan referensi terbaru untuk memotivasi dan mengarahkan mereka dalam menulis. Semua siswa mempunyai potensi, namun dosen perlu mengenali setiap potensi siswa dan memupuknya, salah satunya adalah potensi menulis. Publikasi mahasiswa dalam jurnal internasional bereputasi, akan menjadi pengalaman berharga yang bermanfaat bagi masa depan mahasiswa, juga bermanfaat bagi institusi prodi, departemen, fakultas dan UNP dalam menuju  World Class University  (WCU).

Posting Komentar

0 Komentar

.com/media/




Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza