PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Selama Libur Lebaran, BPJS Bukittinggi Komitmen Layani Peserta JKN

Bukittinggi, Tanamonews.com - Kepala Cabang Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Bukittinggi menyatakan siap memberikan jaminan kesehatan kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) selama masa libur lebaran tahun 2024 ini. “Menyambut libur lebaran tahun ini, kami sangat siap memberikan jaminan kesehatan kepada peserta yang melaksanakan mudik di kampung halamannya,” kata Haris Prayudi, di aula Kantor Cabang BPJS Kesehatan Bukittinggi, Senin (1/4/2024).

Haris menjelaskan, jaminan  kesehatan yang akan disiapkan bagi pemudik itu berupa jaminan fasilitas dan jaminan pelayanan JKN. Oleh sebab itu, ia telah menyiapkan aplikasi, pelayanan tatap muka maupun mekanisme untuk pelayanan Fasilitas Kesehatan  Tingkat Pertama (FKTP). Ia menjelaskan, pelayanan JKN saat libur lebaran diberikan kepada seluruh peserta tanpa kecuali dan tidak ada batasan pelayanan di Poli FKTP maupun pelayanan melalui IGD.

“Seluruh pelayanan kesehatan yang biasanya kita jamin tetap akan terjaminkan juga pada masa libur lebaran kali ini,” ujarnya. Selama cuti bersama dan libur lebaran (8-15 April 2024), BPJS Kesehatan berkomitmen memudahkan peserta JKN dalam mengakses pelayanan kesehatan yang diperlukan. Penerapan kebijakan tersebut mengacu pada prinsip portabilitas yang dianut BPJS Kesehatan.

Sedangkan Portabilitas dalam JKN, BPJS Kesehatan juga Memberikan jaminan pelayanan kesehatan yang mudah, cepat, dan setara yang bisa dimanfaatkan peserta JKN di seluruh wilayah  indonesia. Peserta yang berada di luar wilayah FKTP tempatnya terdaftar dapat mengakses pelayanan rawat jalan di FKTP lain paling banyak 3 (tiga) kali kunjungan dalam waktu 1 bulan.

Ia menambahkan, pada libur lebaran ini peserta BPJS yang tidak berada di daerah asal  FKTP terdaftar dapat layanan rawat jalan di wilayah kerja BPJS Kesehatan Bukittinggi. Sedangkan, bagi peserta JKN yang memerlukan layanan di luar daerah. Petugas medis dapat mengakses riwayat pelayanan kesehatan melalui aplikasi I-Care JKN. Namun harus mendapat izin dari pasien.

Tak lupa, ia mengingatkan peserta untuk memastikan keaktifan kepesertaan JKN keluarga dan memeriksa tanggal kadaluarsa surat rujukan. Selain itu, Ia menilai kerjasama antara BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi dengan Dinas Kesehatan Kota Bukittinggi berjalan dengan baik. “Luar biasa support dari Dinas Kesehatan Bukittinggi kepada kita. Menyambut pemudik yang pulang kampung kita siap bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Bukittinggi,” ujarnya.

Kepala  cabang BPJS terakhir mengingatkan, masyarakat jangan lupa bayar iuran tepat waktu agar status kepesertaan JKN aktif selalu. Pastikan status kepesertaan JKN senantiasa aktif supaya terhindar dari denda layanan rawat inap. Bagi peserta JKN mandiri, jangan lupa bayar iuran sebelum tanggal 10. Bagi pemberi kerja, segeralah tuntaskan kewajiban pembayaran iuran JKN bagi para pekerjanya sebelum memasuki cuti bersama dan libur lebaran.

Cek keaktifan status kepesertaan Anda sekeluarga melalui Aplikasi Mobile JKN, CHIKA, BPJS Kesehatan Care Center 165, dan kanal-kanal lainnya. Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bukittinggi Linda Faroza mengatakan, siap menyambut pemudik  pulang kwmpung. Pihaknya telah menyiagakan sebanyak 7 Puskesmas, 6 rumah sakit, 13 pos kesehatan yang siap memberikan layanan kepada pasien selama 24 jam.

“Kita juga menyiapkan posko posko di tempat keramaian dan objek wisata termasuk di terminal. Untuk itu, kita juga menjalin kerjasama dengan TNI/Polri,” katanya. Selain itu, pihaknya juga telah menyiapkan ambulance gratis yang siaga 24 jam. Untuk melayani warga Bukittinggi maupun perantau yang pulang kampung. Namun mengalami kendala membawa pasien ke rumah sakit. ( Dina )

Posting Komentar

0 Komentar

.com/media/




Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza