PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

K3 Nasional, Dinas ESDM Sumbar Apresiasi PT Semen Gelar Lombaan MRC

Padang  - Sebanyak 10 tim penyelamat dari berbagai perusahaan di Indonesia, ikut ambil bagian di ajang Tantangan Penyelamatan Tambang (MRC) yang digelar PT Semen Padang dalam rangka memperingati Bulan Ke Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional dan Bulan Mutu tahun 2020, Rabu (5/2/2020).


Tanamonews.com | Bertempat di Villa 242 IUP PT. Batu Kapur Tambang PT Semen Padang, MRC yang dibuka oleh Kepala Departemen Tambang & Pengolahan Bahan Baku PT Semen Padang Andria Delfa, dan dihadiri Kepala Kantor SAR Padang Asnedi, Koordinator Inspektur Tambang Dinas ESDM Sumbar Hendri M. Siddik, Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang Nur Anita Rahmawati, Kepala Unit HSE Semen Padang Mustaqim Nasra, Kepala Unit Produksi Bahan Baku Semen Padang Donny Aswin Idham, Kepala Unit Perencanaan dan Pengawasan Tambang Dedi Muhammad Siddiq.

Ketua Panitia Bulan K3 Nasional dan Bulan Mutu PT Semen Padang Hendri Priparis mengatakan, 10 tim yang mengambil bagian dalam perlombaan MRC tersebut yaitu, PT Dahana Subang, PT United Tractor Semen Gresik, PT Kepsindo Padang, PT Ansar Terang Chrushindo Kab 50 Kota, Tambang Penyelamatan Tambang Semen Padang, Tim Reaksi Cepat Semen Padang, PT Hexindo Jakarta, Jaya Sentrikon Indonesia, PT PLN Padang, PT United Tractor Padang dan Trakindo Utama Padang.

Pada lomba itu, panitia menghadiri pesta dari Basarnas, ESDM dan BPK Semen Padang sebagai juri. Acara akan ditutup dengan Talkshow Keselamatan Tambang pada Jumat, 7 Februari 2020.

Menurut Hendri, lomba MRC ini merupakan yang pertama diadakan di Semen Padang. Dalam lomba ini, masing-masing tim penyelamat dari berbagai perusahaan tambang akan memberikan tiga tantangan yang diperlombakan, yaitu Teknik Penyelamatan Sudut Tinggi (HART), Penyelamatan Kebakaran, dan Penyelamatan Kecelakaan Kendaraan (VAR). 

Untuk HART atau teknik pertolongan pada ketinggian, skenarionya terdiri dari pekerja tambang yang sedang naik tangki air terjatuh di lantai tiga dan perbaiki kondisi cidera pada saat pemasangan, buat pekerja tersebut harus dievakuasi menggunakan tali. 

Kemudian skenario untuk Fire Rescue atau teknik pertolongan pada bangunan yang menangani kebakaran dan evakuasi korban, lanjutnya, yang melibatkan kecelakaan kerja, sehingga menimbulkan asap dan percikan api di lantai satu, dua, dan tiga. Karena percikapan api diaktifkan, semua karyawan kemudian berlarian keluar gedung.

Informasi dari beberapa karyawan, diketahui bahwa salah satu karyawan terperangkap di dalam gedung, karena terjatuh saat berhasil berlari. "Jadi dalam kodisi tantangan ini, tim peserta lomba akan memberikan pertolongan dan evakuasi karyawan yang terjatuh ini ke luar gedung," katanya. 

Sementara untuk menantang VAR atau teknik pertolongan pada kecelakaan kendaraan yang memerlukan penanganan khusus, Hendri menuturkan bahwa skenarionya merupakan mobil operasional penambangan yang menyebabkan kecelakaan di kawasan pertambangan. 

Pengemudi dan dua orang penumpangnya, sebut Hendri, ganti luka-harus dan harus dievakuasi. Dalam tantangan ini, tim peserta lomba Rescue Mine Challange akan memberikan bantuan penyelamatan dan evakuasi. "Tantangan ketiga yang diperlombakan ini akan diterbitkan oleh juri. Tim yang bernilai tinggi, akan keluar sebagai juara MRC," bebernya.

Lomba MRC ini, lebih lanjut menggambarkan Hendri, digelar dalam rangka Bulan K3 Nasional dan Bulan Mutu PT Semen Padang. Dan lomba ini digelar berdasarkan Surat Edaran dari Kementerian ESDM No.3913 / 37.04 / dbt / 2019 tentang Petunjuk Pelaksanaan Bulan K3 Nasional Tahun 2020 tentang upaya perusahaan untuk mengurangi kecelakaan dan membudayakan K3. 

"Selain Surat Edaran Kementerian ESDM, juga Keputusan Menteri Ketenagakerjaan RI No.328 Tahun 2019 tentang Petunjuk Pelaksanaan Tahun k3 Nasional tahun 2020 dan Surat Penugasan Panitia Penyambutan Bulan K3 Nasional dan Bulan Mutu PT semen Padang tahun 2020 No.00006 / HM.11.04 / SPE /50050424/2000/02.2000, "tuturnya. 

Inspektur Koordinator Tambang Dinas ESDM Provinsi Sumbar Hendri M Shiddik mengapresiasi PT Semen Padang yang telah menggelar perlombaan MRC ini. Lebih dari lima tahun terakhir ini, baru kali ini lomba tersebut digelar. 

"Kami dari Dinas ESDM. Sumbar yang menangani kegiatan tambang, disambutimakasih kepada PT Semen Padang yang telah mengikuti lomba ini, membicarakan lomba ini digelar di bulan K3 Nasional. Kemudian bagi peserta lomba, kami berpesan untuk berlombalah dengan semangat dan jujur," katanya. 

Kepala Departemen Tambang & Pengolahan Bahan Baku PT Semen Padang Andria Delfa mengatakan bahwa perlombaan ini untuk perusahaan, dapat meningkatkan kesadaran terhadap masalah kerja di bidang pertambangan, serta menjadi berbagi pengetahuan. 

"Mudah-bisa melalui lomba ini, standar-standar keselamatan kerja di areal pertambangan dapat ditingkatkan, dan ditularkan ke masing-masing perusahaan, khusus perusahaan dari para peserta lomba MRC yang berasa dari berbagai perusahaan tambang di Indonesia," katanya. (1n.hms-sumbar)

Posting Komentar

0 Komentar

.com/media/




Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza