PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Konsumsi Listrik Per Kapita Merupakan Indikator Kemajuan Suatu Daerah

"ESDM Sumbar Tingkatkan Kerjasama, MKI  Teken MoU Tiga PT di Sumbar"

Padang – Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI) Sumbar mengadakan seminar nasional, Rabu (19/2) di Hotel Bumiminang Padang. Tema yang diusung kali ini “Peluang dan Tantangan Inovasi Bisnis Ketenagalistrikan yang Berkelanjutan untuk Mewujudkan Indonesia Maju di Era Revolusi Industri 4.0”. Seminar ini dihadiri oleh 150 peserta.

Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI) Sumbar mengadakan seminar nasional, Rabu (19/2) di Hotel Bumiminang Padang.

Tanamonews.com | Adapun narasumber terdiri dari Ir Ali Herman Ibrahim (praktisi dan mantan Dirkit PT PLN), Syaiful Bachri (MKI pusat), Bambang Dwiyanto (GM PLN UIW Sumbar), dan Ketua MKI Sumbar sekaligus Wakil Rektor III Unand, Ir insannul Kamil, Ph. D, IPM, ASEAN Eng, dan moderator Doktor Hendra Hidayat, dari UBH.

Ketua panitia seminar dan rapat kerja MKI Sumbar, Asril Kalis mengatakan, MKI berterima kasih atas terselenggaranya kegiatan dan kehadiran para tamu undangan pada acara tersebut. Pihaknya menggandeng PT PLN UIW Sumbar, yang langsung dihadiri oleh General Manager PT PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumbar, Bambang Dwiyanto.

“Nanti akan ada penandatanganan MoU dengan 3 (tiga) perguruan tinggi di Sumbar yaitu ITP, PNP dan Universitas Bung Hatta. Ke depan MKI Sumbar ingin semakin berperan dalam dunia pendidikan dan mendorong peluang kelistrikan dalam dunia bisnis di Sumatera Barat,” ujar Asril, Pada kesempatan yang sama, GM PLN UIW Sumbar, Bambang Dwiyanto mengatakan, konsumsi listrik di Sumbar masih rendah yaitu 800 KWH per kapita. 

Di Jakarta konsumsi listrik 1.080 per kapita. Jadi listrik Sumbar berada dibawah konsumsi listrik per kapita nasional sehingga masih banyak peluang-peluang terkait kelistrikan. Konsumsi listrik per kapita merupakan indikator kemajuan suatu daerah, oleh karna itu GM PLN tersebut mengajak masyarakat untuk meningkatkan penggunaan energi listrik untuk yang berfaedah, berdaya guna bukan untuk maksud boros listrik. Misalnya motor listrik, kompor induksi.

“Kami dari PLN siap menyambut investor yang akan memanfaatkan tenaga listrik karena listrik di Sumbar masih melimpah. Alhamdulillah di Sumbar pasokannya sudah sangat cukup. Sudah tersambung dengan bagian Sumatera Selatan, Riau, dan Jambi sehingga ketahanan sudah sangat kuat,” ujar Bambang.

Syaiful Bachri Ibrahim, mewakili DPP MKI pusat mengatakan, DPP MKI Akan selalu memberikan dukungan baik berupa dana maupun keahlian untuk kegiatan-kegiatan MKI di daerah.

Pada kesempatan yang sama, sekretaris ESDM provinsi Sumbar mewakili Gubernur Sumbar menyampaikan harapan gubernur terhadap seminar nasional ini agar bisa meningkatkan kerjasama MKI dengan pemangku kepentingan di Sumbar dan tentunya bermanfaat bagi Sumatera Barat.

Menutup seminar, Ali Herman Ibrahim berharap mahasiswa teknik khususnya untuk berpikir militan, pelajari soal listrik, teknogi terbaru, bagaimana menikmati listrik untuk kesejahteraan. "Jangan dipikirkan jika listrik mati bagaimana, tapi harusnya mahasiswa pikirkan cara atau teknologi untuk penanggulangannya hingga bemamfaat bagi masyarakat banyak,” ujar Ali Herman. (1n.hms-sumbar)


Posting Komentar

0 Komentar

.com/media/




Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza