PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Covid-19, Kemenag Sumbar Tiadakan Salat Tarawih Selama Ramadan Tahun Ini

Padang - Kementerian Agama Sumatera Barat (Kemenag Sumbar) memutuskan meniadakan pelaksanaan salat tarawih dan salat Id Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah. Langkah tersebut diambil untuk menekan penyebaran virus Corona (COVID-19) di daerah itu.


Tanamonews | Kepala Kantor Wilayah Kemenag Sumbar, Hendri, mengatakan kebijakan tersebut sesuai dengan Surat Edaran Menteri Agama yang sudah dikeluarkan. Pihaknya meminta pelaksanaan salat tarawih selama Ramadhan dilakukan di rumah masing-masing.

"Salat tarawih dilakukan secara individual atau berjemaah dengan keluarga inti di rumah," kata Hendri dalam konferensi pers secara online, Rabu (8/4/2020).

Menurut Hendri, tarawih dan salat Id dinilai menimbulkan kerumunan, sehingga berisiko untuk dilakukan di tengah pandemi Corona. Dia juga mengimbau warga menghindari kegiatan buka puasa bersama.

"Salat Idul Fitri di lapangan dan di masjid ditiadakan. Diharapkan fatwa MUI menjelang waktunya tiba. Juga hindari buka puasa bersama, karena akan menimbulkan masalah," ujar dia.

Kemenag Sumbar juga meniadakan takbiran keliling kampung, pesantren kilat, dan kegiatan lainnya yang melibatkan banyak orang. Tak lupa juga, disampaikan Hendri, warga diminta tak mengadakan sahur bersama hingga pengajian agama.

Hendri memahami persoalan agama merupakan hal yang sensitif, terutama di Sumbar. Namun dia yakin kebijakan tersebut tidak akan menjadi pertentangan, karena semua kebijakan yang diambil pemerintah demi kepentingan dan keselamatan semua pihak.

Ia yakin Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini tetap dapat dilalui dengan penuh hikmat dan kebahagiaan, meski dengan suasana yang sedikit berbeda. (1n-Hms)

Posting Komentar

0 Komentar

.com/media/




Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza