Ticker

6/recent/ticker-posts

Mahasiswa Dan Mahasiswi Asal Tanahdatar Terima Batuan Dari Baznas Rp219.600.000

TANAHDATAR, TANAMONEWS - SUMBAR | Baznas Kabupaten Tanahdatar  serahkan bantuan senilai Rp219.600.000,  kepada 143 mahasiswa dan mahasiswi asal Tanahdatar, pada Minggu 28 Maret 2021 di Gazebo Indo Jolito Batusangkar.

Ketua Baznas Tanah Datar Yasmansyah menyampaikan, penyaluran bantuan dari dana zakat ini salah satu tujuannya adalah turut membantu program Pemerintah Daerah di bidang pendidikan. 

“Pemberian bantuan ini bertujuan membantu dan sedikit meringankan beban anak-anak kita dalam melaksanakan studinya, awalnya ada 150 orang yang direncanakan akan menerima bantuan sebesar Rp1 Juta sampai Rp2 Juta per orang, namun setelah seleksi lagi, hanya ada 143 orang yang layak dibantu,” ujarnya. 

Dana bantuan bagi mahasiswa ini, ujar Yasmansyah, lebih kurang 95% berasal zakat dari ASN se Tanah Datar. 

“Alhamdulillah, zakat dari ASN termasuk guru ASN SD dan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) dikumpulkan melalui bendahara gaji dan diserahkan ke Baznas yang kemudian kita salurkan kepada yang membutuhkan dan salah satunya seperti kegiatan ini,” katanya. 

Sementara itu Bupati Tanah Datar Eka Putra dalam sambutannya menyampaikan pemerintah daerah menilai sektor pendidikan menjadi salah satu bidang yang tetap menjadi perhatian.

“Kita sepakat bahwa program yang baik tetap kita lanjutkan, dan di bidang Pendidikan, Pemda sepakat akan membantu siswa untuk masuk ke Perguruan Tinggi, sehingga memang kita berharap tidak ada anak Tanah Datar gagal masuk kuliah dengan alasan ketiadaan dana,” ujarnya. 

Karena itu, tambah Eka, atas pelaksanaan program Baznas seperti ini, atas nama Pemerintah Daerah menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih.

“Program ini tidak sekedar membantu, namun nantinya akan turut menciptakan kesejahteraan masyarakat, karena ini salah satu cara meningkatkan SDM masyarakat kita,” tambahnya. 

Bagi para mahasiswa yang menerima bantuan, Bupati Eka Putra juga berpesan agar terus bersemangat belajar dan tidak menyerah dengan keadaan. “Percayalah, kita mempunyai potensi untuk sukses dan berhasil. 

Hari ini adik-adik menerima bantuan ini, kelak setelah mapan dan sukses, adinda semualah yang akan menjadi muzakki dan memberikan bantuan seperti, Insya Allah,” ujarnya.

Kegiatan ini turut dihadiri Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Riswandi, Kepala Tata Usaha Kemenag Tanah Datar H. Yusmarli, Kepala Bank Nagari Syariah  Cabang Batusangkar, Kabag Humas dan Protokol Yusrizal, jajaran Baznas Tanah Datar serta undangan lainnya.(Adi)

Posting Komentar

0 Komentar

"Upaya Pemprov Sumbar Membangkitkan Ekonomi dimasa Pandemi Covid-19"



Welcome to Thank's