Komisi I Kawal Komisi Informasi Sumbar - Media Online
  • Breaking News

    Komisi I Kawal Komisi Informasi Sumbar

    Padang - Komisi I DPRD Sumbar mencecar  komisioner Komisi Informasi (KI) yang baru sepekan setelah dilantik. Komisi I berjanji akan tetap mengawal kinerja KI Sumbar.

    Ketua dan anggota Komisi I DPRD Sumbar, foto bersama dengan jajaran komisioner KI Sumbar usai audiensi di ruang sidang Komisi I, Selasa. foto.dok
    Tanamonews.com | “Komisi I yang membidani terbentuknya KI Sumbar periode 2019-2023 tetap akan mengawal kinerja KI. Karena itu, kepada komisioner yang baru dilantik untuk kompak dalam menjalankan tugas dan kewenangan, ingat lembaga ini adalah pengawal keterbukaan informasi publik di Sumbar,” ujar Ketua Komisi I DPRD Sumbar Afrizal saat menerima audiensi Komisioner KI Sumbar, Selasa (19/2) di ruang sidang Komisi I.

    Audiensi ke Komisi I, diikuti empat komisioner Adrian Tuswandi, Nofal Wiska, Tanti Endang Lestari dan Arif Yumardi, didampingi Kadis Kominfo Sumbar Yeflin Luandri dan Kabidnta Indra Sukma.

    Rombongan KI Sumbar selain diterima Ketua Komisi I DPRD Sumbar Afrizal, juga hadir Sekretaris Komisi I Endarmi dan dua anggota HM Nurnas dan Armiaty.

    Menurut Afrizal, KI jilid dua harus mampu bekerja cepat tepat dan lupakan soal pelik yang terjadi di KI periode pertama.

    “Sebagai orang terpilih tentu siap untuk bekerja, dan tetap mengedepankan kekompakan dan kordinasi dengan stakeholder, terutama Diskominfo dan Komisi I DPRD Sumbar. KI itu lembaga mandiri dan independen, kami sangat mahfum soal itu karena kewenangannya menerima, memeriksa dan memutus sengketa informasi publik,” ujar Afrizal.

    Sedangkan HM Nurnas menekankan untuk memulai kinerja di periode kedua ini, sangat tepat KI melakukan audiensi dengan Komisi I DPRD Sumbar.

    “Selain silaturahim tentu ada banyak hal yang harus dikomunikasikan terkait fasilitasi administrasi dan anggaran. Bagi Komisi I, piawainya KI bertugas adalah tanggung jawab moral,” ujar HM Nurnas.

    Nurnas juga berharap pemberlakuan soal fasilitasi dan anggaran bagi KI maupun KPID harus ada Peraturan Gubernur (Pergub) khusus.

    “Karena dua lembaga ini tidak habis sekali periode, selagi UU-nya berlaku maka lembaga seperti KI dan KPID itu harus tetap ada, sehingganya menghindari temuan, harus ada regulasi seperti Pergub Khusus yang mengaturnya, kira berharap Pak Kadis Kominfo bisa menyiapkan draft terkait ini,” ujar Nurnas.

    Sedangkan, Sekretaris Komisi I DPRD Sumbar Endarmy mengucapkan selamat bertugas sukseskan amanah yang diemban.

    “Jangan lembaga KI ini direcoki lagi soal sepele, karena tugas dan fungsinya sangat besar terutama memberikan putusan soal  informasi publik kepada pemohon informasi,” ujar Endarmy.

    Sementara Anggota Komisi I DPRD Sumbar Armiati mengingatkan KI untuk berperan pada agenda demokrasi nasional Pemilu 2019.

    “KI sesuai kewenangam dimilikinya untuk bisa berperan aktif untuk mengawal keterbukaan informasi publik tentang Pemilu 2019, bersinegilah dengan KPU dan Bawaslu Sumbar, untuk terlaksananya Pemilu berintegritas di tanah Sumbar ini,”ujarnya sambil mengucapkan selamat dilantik dan ayo kerja.

    Kadis Kominfo Sumbar Yeflin Luandri mengatakan kesiapan Diskominfo melaksanakan kewajiban yang diamanatkan UU 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan informasi Publik.

    “Insha Allah sesuai amanat UU 14 tahun 2008, yakni memfasilitasi administrasi dan anggaran KI, kami siap, termasuk membangun harmonisasi dengan KI untuk tujuan besar jadikan Sumbar Provinsi Informatif,”ujar Yeflin.

    Ketua KI Sumbar Adrian Tuswandi menegaskan kesiapan KI bekerja sesuai ketentuan yang berlaku.

    “Kami KI Sumbar jilid II ini memastikan untuk bekerja dan mohon diberikan masukan penguatan dalam tataran kerja, dan soal kekompakan KI Sumbar berkomitmen mengedepankannya dan siap menjaga harmonisasi dengan stakeholder,” ujar Adrian. (adi/rls/ang)

    Tidak ada komentar



    Selamat datang di Portal Berita www.tanamonews.com : Legalitas perusahaan media SIUP. No. SK 0075/03.07/MK/SIUP/V/2017-TDP. No. : 03.07.3.58.05437-IG. No. SK : 1078/IG-NI/DPMPTSP/V/2017 - NPWP. Badan : S-4488KT/WPJ.27/KP.0403/2017 - Diskominfo : 555.166/Diskominfo/IV-2017-Surat Domisili : 470/44/APK-IV/2017. Bank Nagari : 2100.0210.45535-821039217 BNI : 11351 38213 a/n Indra Afriadi dan BRI : 5466-01-017035-53-8 a/n Pt. Tanamo Media Inter Pers, atas nama segenap redaksi dan Pimpinan Pt. Tanamo Media Inter Pers, mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner, Pendiri dan Direksi : Indra Afriadi dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza