Ticker

6/recent/ticker-posts

25 Orang Ikuti Seleksi Rekruitmen Calon Petugas Haji 2019

Painan - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan melalui Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah melaksanakan tes tertulis rekruitmen calon petugas haji Tahun 1440H / 2019 M, di Triza Hotel Painan, Senin (25/02).


Tanamonews.com | Tes tertulis yang langsung diawasi oleh tim pengawas dari Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat dan didampingi tim pengawas yang telah ditunjuk Kemenag Kabupaten Pesisir Selatan.

Seleksi Rekrutmen calon petugas haji terbagi atas tiga bagian yaitu Tim Pemandu Haji Indonesia (TPIH), Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI), dan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi atau non kloter.

Ketua Panitia Pelaksana Jarmil yang sekaligus sebagai Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan, sebelum tes dilaksanakan melaporkan bahwa peserta tes rekruitmen Calon Petugas Haji Tahun 2019 diikuti oleh 25 orang, masing-masing 2 calon TPIHI dan 15 calon petugas TPHI dan 8 calon PPIH Arab Saudi yang bersaing untuk mengikuti seleksi.

Untuk persyaratan bagi TPIH seperti usia 25 tahun, S1 jurusan keagamaan, masa kerja 10 tahun, usia 25 tahun, pegawai kemenag, diutamakan sudah menunaikan ibadah haji, memahami manasik haji, memiliki kemampuan manajerial dan koordinasi kepemimpinan, diutamakan mampu bahasa Arab dan Inggris, ucap Jarmil.

Sementara untuk TPIHI persyaratannya yaitu laki - laki / perempuan, usia minimal 30 tahun dan maksimal 65 tahun, pendidikan S1 keagamaan atau kemampuan sederajat, sudah menunaikan ibadah haji, masa kerja minimal 10 tahun, memiliki kemampuan dibidang bimbingan ibadah dan manasik, diutamakan memiliki sertifikat pembimbing, dan mampu bahasa arab dan inggris.

Kemudian Persyaratan untuk PPIH Arab Saudi yaitu warga negara Indonesia, beragama islam, usia 25 sampai 55 tahun, sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan keterangan dokter, memiliki kompetensi dan keahlian dibidang tugas, bersedia tidak melaksanakan haji bagi yang sudah berhaji, memiliki integritas, PNS Kemenag, masa kerja minimal 5 tahun, diusulkan pimpinan instansi, tidak terlibat proses hukum, dan mampu baca Al Quran, tambah Jarmil

Plt Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan, H. Firdaus dalam arahannya sekaligus membuka secara resmi seleksi calon petugas haji, menyampaikan bahwa seleksi rekruitmen calon petugas haji ini dilaksanakan secara serentak di Sumatera Barat, guna untuk mencari petugas haji yang memiliki dedikasi dan integritas. 

Sementara itu Kabid Urais dan Binsyar, H. Syamsuir dalam meyampaikan sambutan Kakanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat mengatakan, "Sebanyak 396 orang hari ini serentak mengikuti seleksi calon petugas haji yang dilaksanakan secara nasional di Kementerian Agama Kab/Kota se Indonesia termasuk di Sumatera Barat, juga terjadi di Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan saat ini", ungkapnya.

Lebih lanjut H Syamsuir menegaskan “Tes ini penting, berusahalah sebaik mungkin dalam menjawab pertanyaan karena petugas yang nantinya terpilih harus haruslah petugas yang handal, mempunyai fisik yang kuat dan mampu bekerja sama dalam tim, serta harus siap mental dalam menghadapi segala kemungkinan yang ada", ucapnya.(in/zn)

Posting Komentar

0 Komentar



Tanamo News TV Channel




Welcome to Tanamo News.com