Sukardi: Kuartal ke-III. 2019 Ekonomi Sumbar Tumbuh 5,16 persen - Tanamonews.com
  • Breaking News

    Sukardi: Kuartal ke-III. 2019 Ekonomi Sumbar Tumbuh 5,16 persen

    Padang (Sumbar) - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Barat (Sumbar) Dr. Ir.  Sukardi, M.Si pada jumpapers Rabu (6/11). mencatat ekonomi di provinsi sumbar tumbuh 5,16 persen pada kuartal III 2019. Ekonomi Sumbar melambat dibanding periode yang sama tahun lalu yang berada pada angka 5,24 persen.


    Tanamonews.com | Dari perbandingan Selama tiga triwulan tersebut ( Januari-Maret) (April- juni) dan (juli - September) naik sebesar 5,1 persen,

    Naiknya Pertumbuhan tersebut ditopang oleh lapangan usaha pertanian, kehutanan dan perikanan 22,18 persen, perdagangan besar dan eceran serta reparasi mobil dan sepeda motor 15,93 persen dan transportasi serta pergudangan 12,68 persen," kata Kepala BPS Sumbar Sukardi di Padang,

    Karena  pesatnya pertumbuhan ekonomi pada kuartal III 2019 yaitu sektor informasi dan komunikasi 10,11 persen, penyediaan akomodasi dan minuman 9,33 persen dan jasa lainnya 8,30 persen. Sementara, kunjungan wisatawan asing ke Sumbar mengalami peningkatan dibandingkan kuartal sebelumnya.

    Tidak hanya itu, tanaman perkebunan tumbuh positif dipengaruhi oleh naiknya produksi sawit serta terjadi peningkatan produksi semen sejalan dengan permintaan pasar. Kemudian, libur sekolah dan Idul Adha juga turut mempengaruhi peningkatan konsumsi dan transportasi. Angkutan udara juga kembali tumbuh cukup signifikan karena adanya libur sekolah, arus balik Idul Fitri dan lebaran haji, ujarnya. 

    Sementara sumber pertumbuhan ekonomi Sumatera Barat pada kuartal III 2019 berasal dari pengeluaran konsumsi rumah tangga sebesar 2,37 persen. Sukardi menyebutkan laju pertumbuhan pengeluaran konsumsi rumah tangga pada kuartal III 2019 mencapai 4,67 persen. Angka tersebut dipengaruhi oleh adanya bantuan sosial tunai pemerintah yang tumbuh tinggi, meningkatnya penyaluran kredit konsumsi.

    Dari sisi produksi pertanian tumbuh positif dengan meningkatnya produksi, tanaman perkebunan dan hortikultura dan perikanan. Sektor perdagangan juga tumbuh positif dengan naiknya out put pertambangan dan penggalian batu bara, kata dia. #Indra.

    #BPS. Sumbar.

    No comments

    Selamat datang di Website www.tanamonews.com, atas nama segenap redaksi dan Pimpinan Pt. Tanamo Media Inter Pers, mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner dan Pendiri : Indra Afriadi.