PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Buntut Serangan Laser AL Cina Ke P-8 Poseidon


Tanamonews.com | Masih hangat dalam ingatan, pada 27 Februari 2020, pesawat intai maritim AL AS P-8 Poseidon mendapat serangan sinar laser dari kapal perang Cina saat melintas di lautan internasional Pasifik, persisnya 380 mil di lepas pantai Guam. Dan kini telah diketahui identitas sang kapal perang ‘iseng’ tersebut, yaitu kapal perusak Hohhot dengan nomer lambung 161 dari Type 052D Luyang III Class.

Namun lebih dari itu, pihak Armada Pasifik AS telah memberikan reaksi keras, selain protes resmi, yang unik dalam Instagram US Navy diposting kalimat peringatan, “You don’t want to play laser tag with us.” Dikutip dari Businesinsider.sg (2/3/2020), disebutkan bahwa weapon grade laser yang ditembakan dari kapal perang Cina tidak terlihat oleh mata telanjang, ini berbeda dengan laser pointer yang digunakan milisi maritim Cina saat menyerang awak helikopter Australia di Laut Cina Selatan.

Meski tidak dapat dilihat oleh mata telanjang, serangan sinar laser dapat ditangkap oleh sensor yang ada di P-8 Poseidon, namun serangan laser dapat menyebabkan kerusakan serius pada sistem pesawat. Poseidon yang menjadi korban serangan laser Cina juga telah diketahui identitasnya, yaitu berasal dari VP-45 patrol squadron yang bermarkas di Jacksonville, Florida dan dalam masa penugasan ke Lanud Kadena di Okinawa, Jepang.

Weapon grade laser dipercaya sebagai bagian dari sistem pertahanan udara jarak depat pada kapal perusak tersebut. Sekilas tentang kapal perusak Type 052D, kapal berbobot penuh 7.500 ton ini masuk golongan guided missile destroyers. Bekal rudal yang dibawa kapal perusak ini mencakup rudal anti kapal YJ-18, rudal anti kapal selam CY-5 dan 64 cell rudal hanud VLS (Vertical Launching System) jarak sedang HHQ-9. Sebagai senjata utama pada haluan adalah meriam kaliber 130 mm. (in*indomiliter)

Posting Komentar

0 Komentar





Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza