PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Kemenag: Pendekatan Religius Bisa Cegah Aksi Kriminalitas Remaja di Kota Padang

Padang - Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sumatera Barat (Sumbar) Hendri menyatakan bahwa pembinaan atau pendidikan dengan pendekatan religius dapat mencegah aksi kriminalitas yang dilakukan oleh remaja Kota Padang.


Tanamonews | "Pembinaan atau pendidikan dengan pendekatan religius ini tidak hanya pada pendidikan formal saja, namun juga nonformal. Tujuannya agar agama betul-betul menjiwa pada generasi muda," ujarnya. Selasa (26/2/2020).

Hal tersebut menanggapi maraknya aksi kriminalitas yang dilakukan oleh remaja akhir-akhir ini di Kota Padang, seperti balap liar, tawuran berujung perampasan barang milik korban, isap lem, dan sebagainya.

Hendri mengungkapkan bahwa salah satu contoh pendidikan nonformal yang dilakukan oleh Kanwil Kemenag Sumbar yaitu dengan mengadakan program tahfiz di setiap kabupaten atau kota di Sumbar. 

"Kita berharap para generasi muda ini jiwanya tidak gersang. Hal ini dikarenakan mereka selalu dekat dengan kitab suci. Dan ini tentu akan mempengaruhi tingkah laku mereka," jelasnya. 

Hendri juga menjelaskan bahwa kenakalan remaja bukan hanya terjadi di Kota Padang, tapi juga di seluruh daerah di Indonesia. Hal ini menjadi tanggung-jawab berbagai pihak, seperti orang tua, sekolah, pemuka masyarakat, pemerintah, dan sebagainya. 

"(Kita perlu) saling bahu-membahu dalam memberikan pendidikan pada generasi muda di era digital ini yang dengan berbagai tantangan yang akan mempengaruhi jiwa generasi muda kita," katanya. 

Lebih lanjut, Hendri mengatakan bahwa orang tua, masyarakat, dan pemerintah sesuai peran dan fungsinya masing-masing perlu memfasilitasi generasi muda dengan berbagai kegiatan positif.

"(Selain itu), fungsi kontrol juga sangat penting dilakukan. Agar, sedikit saja perilaku menyimpang bisa segera diproses," katanya. (1n.Hms-Sumbar)

Posting Komentar

0 Komentar





Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza