PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Hendri Septa, Plt Wako Padang Imbau Masyarakat Senantiasa Implementasikan Nilai-nilai Pancasila

PADANG -  Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Padang Hendri Septa memimpin jajaran Pemerintah Kota Padang mengikuti kegiatan peringatan Hari Kesaktian Pancasila secara nasional, Kamis (1/10/2020) pagi.

Tanamonews | Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual dengan dipimpin langsung Presiden Joko Widodo dari Monumen Pancasila Sakti, Kawasan Lubang Buaya, Jakarta Timur. Kegiatan tersebut diikuti kepala daerah se-Indonesia serta pejabat publik dan unsur tekait lainnya.

Sementara Plt Wako Hendri Septa sendiri mengikutinya dari Gedung Putih Rumah Dinas Wali Kota Padang. Selain diikuti Sekda Amasrul dan para pimpinan OPD di lingkup Pemko Padang, juga dihadiri unsur Forkopimda Kota Padang serta unsur terkait lainnya.

Seperti diketahui, pada peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun ini memang dihelat secara berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Hal itu diakibatkan efek pandemi Covid-19 yang mengharuskan setiap kegiatan dianjurkan menghindari keramaian atau 'social distancing' sesuai protokol kesehatan.

Dalam sambutan dan arahannya Presiden Presiden Joko Widodo menyampaikan beberapa pesan. Diantaranya perihal tantangan bangsa pada Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada hari ini. Jokowi mengatakan setiap era selalu memiliki tantangan tersendiri.

"Setiap era dan zaman selalu datang dengan tantangannya sendiri," kata Jokowi.

Jokowi juga mengatakan, bagi bangsa Indonesia, tantangan datang dalam berbagai bentuk dari zaman kemerdekaan hingga pada masa pembangunan. Salah satu tantangan itu, kata dia, juga datang di zaman sekarang, yakni berupa wabah pandemi Covid-19.

"Bagi bangsa Indonesia, tantangan dan ujian dalam berbagai bentuk kita hadapi di zaman kemerdekaan, di masa pembangunan, pada era globalisasi, dan sekarang. Negara kita kali ini ditantang dengan ujian yang tak alang-kepalang yakni pandemi Covid-19," tuturnya.

Menurut Jokowi lagi, tantangan-tantangan yang ada selalu bisa dihadapi bangsa Indonesia. Hal itu, kata dia, berkat persatuan dan kesatuan yang dipandu ideologi Pancasila.

"Semua tantangan itu selalu dapat kita lewati dan kita menangi berkat kekuatan yang nyata, yaitu persatuan dan persaudaraan bangsa yang dipandu ideologi Pancasila. Mari kita jaga Pancasila sebagai ideologi bangsa dan negara kita. Hal-hal yang dapat mengganggu keutuhannya harus kita cegah sedini mungkin," ujar Jokowi menyerukan.

Sementara itu, usai kegiatan dan sewaktu ditemui Plt Wako Hendri Septa menyampaikan, atas nama Pemerintah Kota Padang dan warga Kota Padang mengucapkan selamat kembali memperingati Hari Kesaktian Pancasila tahun ini. 

Hendri pun mengajak agar peringatan Hari Kesaktian Pancasila diharapkan tetap dijadikan momentum untuk lebih mendalami makna dan nilai-nilai Pancasila terutama bagi generasi muda. 

Di samping itu, kepada seluruh warga Kota Padang diharapkan bisa memetik hikmah dari peristiwa sejarah kelam bangsa Indonesia di masa lalu seperti adanya G30S/PKI yang tidak dibenarkan di negara ini.

"Mari kita maknai nilai-nilai yang terkandung dari peristiwa bersejarah itu sebagai sumber kekuatan dan energi untuk membangun jati diri bangsa serta mendorong agar dilakukan perubahan lebih baik lagi ke depan. Untuk itu kita wajib mengimplementasikan Pancasila dalam kehidupan kita bernegara," ujarnya.

Ia juga mengungkapkan, seperti biasanya pada kali ini Pemko Padang kembali mengimbau warga agar mengibarkan Bendera Merah Putih selama dua hari. Ajakan menaikkan Bendera Merah Putih ini tertuang di dalam Surat Edaran bernomor 200/528/Kesbangpol/2020 tentang Partisipasi Dalam Peringatan Hari Kesaktian Pancasila.

"Pada peringatan G30S/PKI, 30 September kemarin warga diimbau untuk menaikkan Bendera Merah Putih setengah tiang. Sedangkan pada peringatan Hari Kesaktian Pancasila hari ini, Kamis (1/10/2020), warga diimbau untuk menaikkan Bendera Merah Putih setiang penuh," tukasnya. (In-Hms).

Posting Komentar

0 Komentar





Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza