Ticker

6/recent/ticker-posts

Bupati Eka Putra Apresiasi Kehadiran PSDKU PNP Kabupaten Tanah

 
TANAAHDATAR, TANAMONEWS - Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE hadiri  acara launching PSDKU, Politeknik Negeri Padang (PNP) Kabupaten Tanah Datar di Nagari Tigo Jangko Lintau Buo, pada Rabu 24 Maret 2021.

Bupati Eka Putra Apresiasi Kehadiran Program Studi Di luar Kampus Utama (PSDKU) merupakan solusi bagi kelanjutan Akademi Komunitas Negeri Tanah Datar guna memberikan pendidikan tinggi yang bermutu kepada masyarakat.

“Kita berbangga, dengan adanya PSDKU yang ada di Tanah Datar, tentu akan mampu meningkatkan angka partisipasi masyarakat untuk mendapatkan pendidikan lebih tinggi, sehingga mendukung terwujudnya realisasi visi dan misi pembangunan,” ujar Bupati Eka.

Bupati Eka mengatakan dengan disetujuinya alih status Akademi Komunitas Tanah Datar menjadi PSDKU PNP ini maka jenjang pendidikan semula Diploma II (D-II) meningkat menjadi Diploma III (D-III) dengan Program Studi Sistem Informasi dan Teknik Sipil.

“Meningkatnya alih stastus ini, Pemerintah Daerah akan terus berkomitmen memfasilitasi pengembangan PSDKU PNP, dengan membangun kerjasama ke dunia industri guna mendukung pembelajaran mahasiswanya,” ujar Bupati Eka.

Bupati Eka berharap kehadiran PSDDKU PNP dapat disambut baik oleh masyarakat, “Untuk masyarakat yang kurang mampu, pemerintah Tanah Datar siap membantu agar dapat menempuh pendidikan tingginya melalui Baznas Tanah Datar selain bantuan dari sumber lainnya,” ujar Bupati Eka.

Di kesempatan yang sama, Direktur PNP Surfa Yondri mengatakan pembukaan PSDKU PNP kampus Kabupaten Tanah Datar telah mengantongi Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nomor 1181/M/2020 sehingga PSDU PNP dapat melaksanakan program studi D-III Sistem Informasi dan D-III Teknik Sipil.

“Pembukaan PSDKU ini, merupakan salah satu alternatif dari kelanjutan program rintisan Akademi Komunitas Negeri Tanah Datar yang dilaksanakan dalam bentuk prodi diluar domisili PNP yang telah berlangsung semenjak tahun 2012 hingga Oktober 2020,” ujar Surfa Yondri.

Ia menambahkan, penerimaan Mahasiswa baru tahun 2021 telah bisa dilaksanakan bersamaan dengan penerimaan Politeknik Negeri Padang dengan jalur SNMPN di tanggal 11 Januari hingga 19 Maret tahun ini dengan Mahasiswa diterima sebanyak 30 orang.

Sedangkan untuk Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) berlangsung dari tanggal 10 Mei hingga 10 Juni 2021 melalui http:sbmpn.politeknik.or.id dan untuk seleksi secara mandiri diselenggarakan tanggal 15 Juni hingga 28 Juli 2021 melalui http://www. pmb.pnp.ac.id, untuk proses perkulihan mulai bulan September 2021.

“Meski kampus PSDKU ini berada di Kabupaten Tanah Datar proses pendidikan dilaksanakan sesuai dengan standar penjamin mutu di PNP baik dari aspek input maupun prosesnya. Maka dari itu, kami mengajak kita semua untuk mensosialisasikan ini kepada masyarakat khususnya yang ada di Kabupaten Tanah Datar dan sekitarnya,” ujar Surfa Yondri.

Melalui aplikasi Zoom Meeting, Dirjen Wikan Sakarinto berharap kehadiran kampus PSDKU menjadi motor pengerak yang menghasilkan lulusan unggul, berkompeten dan sesuai yang dibutuhkan dunia kerja saat ini.

“Tertumpang harapan besar kampus PSDKU dapat menciptakan sumber daya manusia yang mampu memberikan dampak luar biasa bagi daerah di Tanah Datar dan Sumatera Barat,” ujar Wikan Sakarinto.

Ia juga mengatakan agar semua berkontribusi mendukung pelaksanaan PSDKU berjalan dengan baik, secara khusus ia menghimbau PSDKU dapat menjalin kerjasama dengan pelaku industri, guna menyiapkan tenaga terampil di dunia kerja nantinya.

Hadir saat itu, Anggota DPRD Tanah Datar, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Datar Riswandi, Kepala Dinas Kominfo Tanah Datar Abrar, Camat Lintau Buo, Wali Nagari, Wakil Direktur beserta seluruh unsur pimpinan PNP, unsur pengelola PSDKU PNP di Tanah Datar dan Tokoh Masyakat Lintau Buo lainnya. (Adi)

Posting Komentar

0 Komentar

"Upaya Pemprov Sumbar Membangkitkan Ekonomi dimasa Pandemi Covid-19"





Welcome to Thank's