Ticker

6/recent/ticker-posts

Wujudkan Perencanaan Partisipatif, Pemko Solok Adakan Musrenbang RKPD 2022

Tanamonews | Solok - Pemerintah Kota Solok melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) mengadakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Tahun 2022 di Gedung Kubung Tigo Baleh, Senin (29/03/2021). Kegiatan ini dilaksanakan untuk membangun sinergitas antara pemerintah kota dengan pemangku kepentingan demi mewujudkan perencanaan partisipatif.

Acara ini dibuka oleh Wakil Walikota Solok Ramadhani Kirana Putra dengan diikuti oleh para pemangku kepentingan yaitu Kepala Perangkat Daerah, Lurah, Organisasi Vertikal, Pelaku Ekonomi, LSM/Ormas serta Forkompinda.

Turut menjadi pembicara, Kepala Bidang Sosial Budaya dan Pemerintahan Bappeda Provinsi Sumbar, Yudha Prima SSTP, M.Si, yang dalam kesempatan tersebut menyampaikan materi tentang Rancangan Awal RKPD Provinsi Sumbar Tahun 2022. Ketua DPRD Kota Solok, Hj. Nurnisma, SH dengan materi Paparan Pokok-Pokok Pikiran DPRD, Anggota DPRD Provinsi Sumbar dari Kota Solok, Daswippetra Dt. Manjinjiang Alam dengan materinya Peran DPRD dalam Perencanaan Pembangunan Daerah, Kepala Badan Keuangan Kota Solok, Novirna Hendayani dengan materinya Kebijakan Keuangan Daerah Tahun 2022 dan Kepala Badan Perencanaan Daerah Kota Solok, Jonedi dengan materinya RKPD Kota Solok 2022.

Dalam sambutannya, Wawako Solok Ramadhani mengatakan, “RPJMD tahun 2021 pada masa saya saat ini merupakan tahap terakhir dari RPJP Kota solok, sehingga seyogyanya capaian pada tahap terakhir RPJP ini tergambarkan apa yang dicita-citakan para pendahulu kita dapat tercapai dan terlihat pada tahap kelima ini,” paparnya.

“Pada tanggal 26 Februari yang lalu, Saya telah dilantik sesuai dengan amanat Undang-Undang saya mengemban amanat untuk 3 tahun 6 bulan artinya capaian pembangunan yang periode lima tahunan tersebut harus kita genjot, harus kita lari kencang agar dapat kita capai dalam waktu tiga setengah tahun ini,”  lanjut Ramadhani.

Wakil Walikota sangat mengapresiasi kehadiran Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat dari Kota Solok, Daswippetra Dt. Manjinjiang Alam dalam Musrengang RKPD kali ini, karena telah menyempatkan diri untuk hadir disela-sela kesibukannya beliau dan membawa harapan baru bagi Kota Solok berkaitan dengan aspirasi di Provinsi Sumbar.

Acara Musrenbang RKPD Kota Solok Tahun 2022 ini, berlangsung selama tiga hari dari tanggal 29 s/d 31 Maret 2021, dengan acara pembukaan yang dilaksanakan di Gedung Kubung Tigo Baleh dan acara diskusi akan dilaksanakan di Gedung Bappeda Kota Solok.

Diskusi ini fokus pada beberapa hal, pertama menyelaraskan prioritas dan sasaran pembangunan daerah Kota Solok dengan arah kebijakan, prioritas dan sasaran pembangunan daerah provinsi, kedua mengklasifikasikan usulan program dan kegiatan yang telah disampaikan masyarakat melalui Musrenbang Kecamatan, ketiga mempertajam indikator kinerja program dan kegiatan prioritas daerah, lalu keempat menyepakati prioritas pembangunan daerah serta program dan kegiatan prioritas daerah dalam rangka mewujudkan sasaran pada RPJMD. (HR)

Posting Komentar

0 Komentar

"Upaya Pemprov Sumbar Membangkitkan Ekonomi dimasa Pandemi Covid-19"



Welcome to Thank's