Ticker

6/recent/ticker-posts

KJRI San Francisco Dorong Generasi Muda untuk Mengembangkan Industri Digital Indonesia

Konsul Jenderal RI di San Francisco, Simon D.I. Soekarno, mengucapkan apresiasi kepada perusahaan Apple dan Apple Developer Academy atas kontribusinya dalam peningkatan sumber daya manusia (SDM), berkembangnya startups dan unicorns di Indonesia 

SAN FRANCISCO, AMERIKA SERIKAT - TANAMONEWS.COM, INTERNASIONAL | Pandemi COVID-19 telah berdampak pada kebutuhan tranformasi digital di Indonesia yang semakin meningkat, mengingat masyarakat diimbau untuk tetap dirumah dan menjaga jarak antara satu sama lain. Namun proses transformasi dan digitalisasi di Indonesia masih terhambat oleh pemahaman pengembangan aplikasi dan teknologi yang kurang di kalangan masyarakat setempat.


Berkaitan dengan hal tersebut, dalam rangka Perayaan Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei lalu, KJRI San Francisco berkolaborasi dengan Apple Developer Academy Indonesia dalam menyelenggarakan webinar interaktif bertajuk “Introduction to Apple Developer Academy Indonesia - Road to 2022 Recruitment” pada hari Senin tanggal 3 Mei 2021.

Webinar tersebut memperkenalkan program Apple Developer Academy yang ada di Indonesia serta menginformasikan rekrutmen peserta Akademi untuk tahun 2022 yang akan dilaksanakan mulai dari tahun 2021 ini. Sekitar 270 peserta yang terdiri dari generasi muda Indonesia yang tinggal di Indonesia, Amerika Serikat, dan berbagai negara lainnya turut hadir pada sesi webinar.

“Apple Developer Academy didirikan pada tahun 2017, ini merupakan investasi dari Apple Inc di Indonesia dalam bidang digital dan teknologi informasi. Kurikulum Apple Academy akan membantu mempersiapkan para siswa untuk menjadi developer kelas dunia dan bagian dari jaringan global. Melalui program ini, kami berharap aplikasi yang dikembangkan para developer dapat menjadi jawaban atau solusi dari isu-isu sosial yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia.” Ujar Mirza Natadisastra, Pimpinan Kantor Apple Inc. di Indonesia.

Konsul Jenderal RI di San Francisco, Simon D.I. Soekarno, pada sambutannya mengatakan “Kami mengucapkan apresiasi kepada perusahaan Apple dan Apple Developer Academy atas kontribusinya dalam peningkatan sumber daya manusia (SDM), berkembangnya startups dan unicorns di Indonesia.” 

Konsul Jenderal RI Simon Soekarno selanjutnya berharap bahwa Apple Academy dapat menjadi salah satu pilihan bagi generasi muda Indonesia yang berada di luar negeri untuk “pulang kampung,” sehingga banyak generasi muda yang turut berkontribusi dengan melakukan pengembangan karir dan kemampuannya di bidang teknologi di Indonesia. 


Pada webinar ini, Perwakilan Apple Developer Academy dari BINUS Tangerang, Universitas Ciputra Surabaya, dan Infinite Learning Batam menyampaikan sejumlah informasi mengenai program, kurikulum, dan keuntungan bergabung di Apple Developer Academy. Selain itu, dijelaskan pula sejumlah persyaratan untuk dapat mendaftar di Akademi untuk tahun 2022.

2 (dua) alumni Apple Developer Academy tahun 2019 yaitu Savitri Nurhayati, Pengembang Aplikasi Teman Netra, dan Ryan Tjandra, Pengembang Aplikasi “Plan B” turut hadir untuk berbagi pengalamannya saat bergabung dengan Akademi serta capaian yang mereka peroleh setelah lulus dari Akademi. Para peserta dengan antusias mengajukan berbagai macam pertanyaan dan menunjukkan keinginan besar mereka untuk dapat bergabung dalam program Akademi ini. 

Apple Developer Academy adalah program pelatihan pembangunan aplikasi dan programming selama 10 (sepuluh) bulan yang menyediakan beasiswa penuh dengan menggunakan teknologi Apple terbaru, interaksi profesional dengan para ahli dari Apple dan industri terkait, publikasi global pada App Store, dan kesempatan karir di dunia IT.

Apple Developer Academy Indonesia adalah akademi satu-satunya di Asia, selain 2 (dua) lainnya di Brazil dan Italia. Sejak didirikan tahun 2017, 850 siswa telah mengikuti program ini, dimana mereka sekarang telah bekerja di pelbagai industri ataupun membentuk startup yang berkontribusi secara signifikan terhadap transformasi digital Indonesia. Kesempatan ini terbuka luas bagi masyarakat Indonesia untuk bergabung tanpa mengenal latar belakang pendidikan.

Melalui kerja sama dengan institusi lokal terkemuka seperti BINUS University di Jakarta, Universitas Ciputra di Surabaya dan Infinite Learning di Batam, Apple Developer Academy telah menyiapkan siswa untuk pekerjaan-pekerjaan di ekonomi digital dan aplikasi yang berkembang cepat di Indonesia. Untuk mendaftar program Apple Developer Academy tahun 2022, dapat mengunjungi : Jakarta - rebrand.ly/applyBINUS, Surabaya - rebrand.ly/applyUC dan Batam - rebrand.ly/applyIL (Cindy)

Dari : Konsulat Jenderal Republik Indonesia di San Francisco

Posting Komentar

0 Komentar

"Upaya Pemprov Sumbar Membangkitkan Ekonomi dimasa Pandemi Covid-19"



Welcome to Thank's