Ticker

6/recent/ticker-posts

Rumah ditepian Batang Air Kurao Nagari Nyalo Tarusan Pessel Terancam Masuk Sungai

PESSEL, TANAMONEWS.COM - SUMBAR | Puluhan rumah warga yang berada di tepian Batang air kurao Nagari Sungai nyalo Kampuang Mudiak Aia Karao Kecamatan koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), terancam masuk sungai lantaran pinggir sungai tergerus erosi yang cukup parah.

Akibat gerusan arus sungai tersebut salah satu rumah Iben (41), warga Nagari Sungai nyalo, Kampung Mudiak Aia Karao, saat ini sudah berjarak kurang lebih satu meter dari bibir sungai dan terancam longsor.

Beberapa titik tebing Sungai sudah terlihat retak. Bahkan sebagian telah longsor dan luruh ke bawah, Padahal sebelumnya jarak antara rumah dengan sungai lumayan jauh, ujar Iben, Sabtu (5/6/2021).

Saat ini Iben dan keluarganya jika hujan turun pada malam hari selalu was-was, soalnya pakaian sekolah serta sepatu anak sudah hanyut terbawa banjir. 

Berdasarkan pengakuan dari beberapa warga setempat dan pak Budiman, gerusan ini disebabkan oleh banjir yang sering melanda, bahkan dalam beberapa bulan ini sudah dua kali terjadi.

“Tepian sungai terus terkikis oleh banjir. Akibatnya, jarak antara rumah dengan bibir sungai kian dekat,” terang Budiman, sambil berharap supaya Pemeritah setempat maupun Provinsi segera membenahi tepian Sungai yang kian tergerus.

Wali Nagari Sungai nyalo Mudiak Aia Kecamatan koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir selatan, Marjan, saat ditemui tim tanamo media grup membenarkan bencana yang akan mendera warganya.

Terpisah, Kasi Kedaruratan BPBD Pessel, Hasnul, begitu mendapat laporan dalam waktu dekat akan langsung meninjau lokasi abrasi. "Tadi sudah ada tim kita yang meninjau, dalam waktu dekat kita akan kelokasi, kita dari BPBD akan selalu siap membantu, " ujar sosok leleki yang akrab disapa pak Nul.(*)

Posting Komentar

0 Komentar

"Upaya Pemprov Sumbar Membangkitkan Ekonomi dimasa Pandemi Covid-19"



Welcome to Thank's