PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Kelompok Tani Kabupaten Tanah Datar Terima Bantuan dari Fraksi Partai Demokrat Jefri Masrul

TANAMONEWS - TANAHDATAR, SUMBAR | Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat dari fraksi Partai Demokrat Jefri Masrul, menyerahkan 77 unit alsintan kepada kelompok tani yang ada di Kabupaten Tanah Datar pada Senin, 19 Juli 2021 di Tanah Datar. 

Pekan lalu, 30 unit handtractor juga telah diterima untuk kelompok tani dari dana aspirasi Anggota DPRD Sumatera Barat dari Fraksi PKS Budiman Dt. Malano Garang

Penyerahan yang berlangsung di halaman kantor Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Datar juga dihadiri Anggota DPRD Tanah Datar dari fraksi Partai Demokrat Nurhamdi Zahari, Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Barat, Kepala Dinas Pertanian Yulfiardi, Kabag Humas dan Protokol Yusrizal, anggota kelompok tani dan undangan lainnya.

Jefri Masrul di kesempatan itu mengatakan bantuan alsintan untuk kelompok tani yang berjumlah sebanyak 77 unit, masing-masing 38 Handtractor, 15 unit Cultifator, 13 unit Pompa Air dan 10 unit Konseler serta 1 unit Komben Mini  ini berasal dari dana pokir anggota DPRD Provinsi Sumbar dari Fraksi Demokrat dan pembagiannya akan diberikan kepada kelompok tani yang ada di kecamatan se- Tanah Datar.

“Mudah-mudahan bantuan alsintan ini bisa dimanfaatkan oleh kelompok tani untuk meningkatkan  meningkatkan hasil pertanian bagi masyarakat,” harap Jefri.

Jefri Masrul juga menyampaikan selain bantuan alsintan anggota DPRD Provinsi Sumbar dari Fraksi Demokrat juga memiliki dana pokir untuk bantuan bibit jagung untuk 7 (tujuh) kelompok tani dan bantuan bibit bawang untuk 4 (empat) kelompok tani yang akan segera digulirkan oleh Dinas Pertanian Provinsi untuk masyarakat Kabupaten Tanah Datar.

“Ini merupakan awal visi dan misi kami sebagai anggota DPRD Provinsi Sumbar dari Fraksi Demokrat yang didukung oleh seluruh masyarakat dan anggota fraksi yang ada di Kabupaten Tanah Datar. Kami akan terus bersinergi untuk membantu masyarakat di Kabupaten Tanah Datar terutama di bidang pertanian, karena kita tahu pada umumnya masyarakat di Tanah Datar berlatarbelakang sebagai petani dan menggantungkan hidupnya dari hasil pertanian,” tambah Jefri

Ditambahkan Jefri, bahwa bantuan ini juga merupakan sumbangsihnya sebagai anak nagari untuk kemajuan pertanian di Tanah Datar. “Kami ingatkan ini merupakan bantuan untuk kelompok, bukan bantuan pribadi dan belum semua kelompok mendapatkannya. Maka mari kita bersama-sama mencari cara agar seluruh anggota kelompok baik yang sudah mendapatkan bantuan maupun  yang belum bisa menikmatinya secara bersama-sama,” pesan Jefri.

Sementara Bupati Eka Putra pada kesempatan yang sama secara pribadi dan sebagai pimpinan daerah mengucapkan terimakasih kepada anggota DPRD Provinsi Sumbar dari Fraksi Partai Demokrat Jefri Masrul, yang menurutnya telah melaksanakan janji-janji kampanyenya dulu ketika mencalonkan diri menjadi anggota DPRD Provinsi.

Dikatakan Bupati, bantuan alsintan sebanyak 77 unit ini sangat luar biasa dan banyak sekali. Untuk itu diharapkan kepada kelompok tani untuk tidak monopoli dalam pemakaiannya nanti, serta juga diingatkan terkait bagaimana pemeliharaannya nanti.

Eka Putra juga mengatakan bahwa sektor pertanian mempunyai peranan penting terhadap perekonomian di Kabupaten Tanah Datar. “Pada tahun 2020, sektor pertanian di Tanah Datar memberikan kontribusi terhadap PDRB sebesar 29,81 %, sehingga pembangunan pertanian menjadi prioritas  bagi Pemda Tanah Datar sebagaimana tertuang dalam RPJMD Kabupaten Tanah Datar Tahun 2021-2026, yaitu meningkatkan ekonomi masyarakat Kabupaten Tanah Datar dan perluasan lapangan kerja yang berbasis pertanian, industri dan UMKM. 

Beberapa upaya yang dilakukan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat adalah dengan meningkatkan produksi dan produktifitas serta menurunkan biaya produksi serta meningkatkan pemasaran komoditi hasil dari produksi pertanian,” terang Eka Putra.

Eka Putra dikesempatan itu juga mengatakan bahwa janji politiknya saat mencalonkan diri sebagai Bupati di Kabupaten Tanah Datar tentang “Bajak Gratis” bagi para petani baru bisa dilaksanakan pada tahun 2022 mendatang.

“Program bajak gratis baru bisa terlaksana pada tahun 2022 nanti, karena sekarang kami baru mempersiapkan baik anggarannya, alsintannya, dan tenaganya. Dan anggarannya nanti ada di tahun 2022,” terang Eka Putra dihadapan para kelompok tani yang hadir saat itu.

Di akhir sambutannya Bupati Eka Putra juga tidak lupa mengingatkan kepada seluruh anggota kelompok tani untuk selalu manjaga kesehatanya dimasa pademi dengan mematuhi protokol kesehatan agar tidak terpapar dengan virus covid 19, serta mengajak untuk segera melakukan vaksinasi.

“Jangan takut divaksin, karena vaksin adalah benteng terakhir di tubuh kita untuk melawan virus corona, dan tentu akan meningkatkan kekebalan tubuh kita. Kita berharap apabila semua kita sudah divaksin tentu kekebalan tubuh akan bertambah dan nantinya bila kita bertemu tidak perlu lagi takut untuk berjabat tangan,” ajak Bupati. (Adi)

Posting Komentar

0 Komentar





Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza