Ticker

6/recent/ticker-posts

Nur Asia Sandiaga Uno Kunjungi Sentra Tenun Tigo Jangko

TANAMONEWS - TANAHDATAR, SUMBAR | Sebelum mengikuti penilaian Kampung Minang Nagari Sumpu sebagai Desa Wisata, Isteri Menteri Ekonomi Kreatif Nur Asia Sandiaga Uno beserta istri terlebih dahulu mengunjungi Sentra Tenun di Tigo Jangko Kecamatan Lintau Buo pada Sabtu, 28 Agustus 2021. 

Ketua Dekranasda Ny. Lise Eka Putra didampingi Ibu Sativa Sutan Aswar berkesempatan menyambut langsung rombongan.

“Saya merasa senang bisa datang ke Tanah Datar ini khususnya ke Sentra Tenun Tigo Jangko Lintau. Bertemu buk Atitje yang punya semangat luar biasa membina dan membagikan ilmu tenun, sulam yang menjadi keahliannya,” sampai Mpok Nur begitu akrab dipanggil.

Mpok Nur berpesan agar pengrajin tetap semangat belajar, selain bisa membantu ekonomi keluarga juga pengrajin berpartisipasi mempertahankan budaya lokal tidak punah.

“Tetap semangat ya, kita akan bantu nanti,” sampainya.

Senada dengan itu Ketua Dekranasda Ny. Lise Eka Putra juga mengapresiasi dedikasi Ibu Sativa atau dipanggil Atitje pulang kampung mendarmabhaktikan ilmunya sesuai dengan keahliannya di bidang tekstil.

Disampaikan, Ibu Atitje Doktor bidang Tekstil  diminta langsung Ibu Mufidah Jusuf Kalla yang juga pembina Yayasan Kriya Minangkabau menularkan ilmunya kepada peserta serta melahirkan kreasi-kreasi baru.

“Pemerintah daerah, dekranasda tentunya punya kepentingan yang sama terhadap kemajuan sentra tenun ini untuk menjaga dan melestarikan khazanah budaya lokal serta memajukan ekonomi masyarakat,” ucap Ny. Lise.

Salah seorang pengrajin juga mengungkapkan rasa syukurnya bisa mendapat ilmu di Sentra Tenun.

“Dengan punya keahlian ini, kami bisa tetap di rumah, mengawasi anak sekaligus bisa bekerja dan menghasilkan, apalagi di tengah-tengah pandemi Covid-19 kondisi yang dianjurkan lebih banyak di rumah,” sampai Ibu yang juga petani ini.

Ibu Atitje pun menegaskan dirinya mendidik peserta tidak hanya pengrajin yang terampil juga membekali ilmu agar pengrajin bisa juga menularkan ilmunya kepada yang lain.

“Saya ingin pengrajin tidak hanya sebatas untuk dirinya tetapi juga saya siapkan bisa sekaligus mentor bagi yang lainnya,” sebut Ibu Atitje yang selalu terlihat energik ini.

Turut hadir pada kesempatan itu Kepala Sekolah Sentra Tenun Jasminar dan Ketua TP PKK Kecamatan Lintau Buo. (Adi)

Posting Komentar

0 Komentar

"PITUAH PITARUAH DARI YUS DATUAK PARPATIAH, ADAT ISTIADAT MINANGKABAU"



Welcome to Thank's