PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Pemkab Bersama DPR RI dan BP POM Laksanakan Pemberdayaan Masyarakat Melalui KIE

TANAMONEWS.COM | TANAHDATAR - Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian membuka kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) bersama tokoh masyarakat dan vaksinasi massal, yang terselenggara berkat kerjasama antara Pemda Tanah Datar, Komisi IX DPR RI dan BP POM Padang pada Minggu, 24 Oktober 2021 di Gedung Nasional Maharajo Dirajo Batusangkar.

"Akhir-akhir ini banyak berkembang berita yang sangat mengkhawatirkan, dimana dipasaran saat ini marak terjadi peredaran obat ilegal, kosmetik yang mengandung bahan berbahaya, jamu yang mengandung bahan kimia obat, yang bila digunakan efeknya sangat berbahaya," ujar Richi.

Selanjutnya, Wabup Richi menghimbau kepada masyarakat untuk cerdas dalam memilih dan menggunakan obat, makanan dan kosmetik. "Sebelum membeli dan menggunakan baca dulu petunjuk, aturan pakai dan kandungannya dengan teliti. Bila perlu lakukan konsultasi dengan pihak kesehatan atau dokter, agar kita tidak salah menggunakan produk atau makanan," pesan Wabup Richi.

Wabup juga mengatakan kegiatan ini sangat penting untuk mengedukasi masyarakat terkait arti pentingnya produk makanan, obat-obatan dan kosmetik yang aman digunakan oleh masyarakat.

Dikesempatan itu, kepada BP POM Wabup Richi juga menyampaikan saat ini di Tanah Datar juga belum memiliki Loka POM yang akan melakukan inspeksi dan sertifikasi sarana/fasilitas produksi maupun distribusi obat dan makanan, sertifikasi produk, pengujian obat dan makanan hingga pengawasan fasilitas kefarmasian.

"Mengingat keberadaannya yang sangat penting, untuk itu kami berharap BP POM dapat membentuk Loka POM di kabupaten Tanah Datar. Saat ini kami sudah memiliki sarana bangunan yang bisa digunakan sementara, dan kami berharap adanya bantuan bangunan yang representatif serta bantuan peralatan yang lengkap untuk Loka POM," kata Wabup Richi.

Dengan adanya vaksinasi massal kali ini, diharapkan niat untuk mengedukasi masyarakat dan memvaksin masyarakat bisa sama-sama terjalani. "Hari ini kita mengundang 500 orang untuk divaksin, dan alhamdulilah atensi masyarakat kali ini sangat luar biasa," kata Wabup.

Sementara anggota komisi IX DPR RI Suir Syam mengatakan pemberdayaan masyarakat melalui sosialisasi, komunikasi, informasi dan Edukasi terkait obat-obatan, kosmetik dan bahan makanan yang dilaksanakan saat ini sekaitan dengan banyaknya home industri yang ada di Tanah Datar.

"Apalagi Pemda Tanah Datar sudah melayangkan surat ke BP POM dan ditindaklanjuti, maka saya juga akan berjuang bersama-sama dari pusat, agar cita-cita kita mendirikan Loka POM di kabupaten Tanah Datar segera terwujud," ujar Suir Syam.

Terkait dengan vaksinasi Covid-19, Suir Syam meminta supaya masyarakat yang divaksin pada hari ini selanjutnya bisa menjadi duta vaksin di Tanah Datar yang akan menyampaikan informasi kepada yang lain bahwa divaksin itu sehat dan menyehatkan serta halal.

"Ini tugas kita bersama, yang sudah divaksinasi kan bisa merasakan bagaimana rasanya divaksin itu sakit apa tidak, ceritakan ini kepada tetangga, keluarga atau siapa saja yang belum mau divaksin. Katakan pada mereka, tidak ada yang perlu ditakuti dan ajak mereka, supaya Tanah Datar terbebas dari Covid-19," ujar Suir Syam.

Pada acara tersebut juga dihadiri anggota DPRD Tanah Datar Kamrita, Kepala Dinas Kesehatan Yesrita Zedrianis, dan Camat Lima Kaum Hendra Setiawan. (Adi)

Posting Komentar

0 Komentar

.com/media/




Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza