Ticker

6/recent/ticker-posts

Sekjen Kemhan Pimpin Pertemuan Defence Policy Dialogue dengan Vietnam

TANAMONEWS.COM Jakarta – Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan (Sekjen Kemhan) Marsekal Madya TNI Donny Ermawan Taufanto, M.D.S., Kamis (14/10, di Ruang OECC, Gedung Jenderal A.H. Nasution, Kemhan, Jakarta, melakukan pertemuan Defence Policy Dialogue (DPD) ke-2 secara virtual dengan Vietnam, yang dipimpin Wakil Menteri Pertahanan Nasional Republik Sosialis Vietnam Letnan Jenderal Senior Hang Xuan Chien. 

Saat pertemuan, Sekjen Kemhan menyampaikan pandangannya, bahwa forum bilateral DPD ini memiliki peran penting untuk meningkatkan kerja sama pertahanan kedua negara, sekaligus memfasilitasi kepentingan pertahanan kedua belah pihak untuk berbagi informasi tentang kebijakan pertahanan, kerja sama militer, industri pertahanan dan bidang lainnya yang terkait dengan pertahanan serta keamanan kawasan.

Sebelum puncak kegiatan forum DPD ke-2 ini, kedua delegasi telah melaksanakan Military Cooperation Joint Working Group dan Defence Industry Cooperation Working Group pada 29 sampai 30 September 2021. Kedua Joint Working Group tersebut merupakan rangkaian dari DPD, dan pada kegiatan puncak DPD, kedua pihak saling bertukar pandangan tentang isu-isu regional dan global, diantaranya pertukaran informasi tentang penanganan Covid-19 serta upaya menjaga stabilitas kawasan yang mencakup isu-isu terkini dan presentasi Buku Putih Pertahanan. “Saya yakin forum dialog ini akan bermanfaat dan membuahkan hasil yang baik bagi kerja sama pertahanan bilateral kedua negara di masa depan”, kata Sekjen Kemhan. 

Sementara, pada forum DPD pertama yang diadakan di Hanoi pada tahun 2019, kedua delegasi telah bertukar pandangan di berbagai bidang, antara lain mencapai kesepakatan program pertukaran pelajar dan pelatihan, serta kelanjutan kerja sama seperti intelijen dan kedokteran militer.

Turut hadir mendampingi Sekjen Kemhan pada agenda pertemuan dua tahunan ini,  Dirjen Strahan Mayjen TNI Dr. rer. pol. Rodon Pedrason, M.A., Dirkersinhan Ditjen Strahan Brigadir Jenderal TNI J. Binsar P.S., S.E., M.Han., dan Dirjakstrahan Ditjen Strahan Brigjen TNI Dr. Untung Purwadi, S.E., M.Si.

Sedangkan peserta lainnya yang juga mengikuti pertemuan secara virtual, antara lain dari Ditjen Aspasaf Kemlu, serta perusahaan industri pertahanan. Dan di akhir pertemuan, kedua negara sepakat untuk pertemuan DPD berikutnya, dilaksanakan secara virtual atau tatap muka pada tahun 2023 dengan tuan rumah Vietnam. *

Posting Komentar

0 Komentar

"PROMOSIKAN KEGIATAN DAN USAHA ANDA DISINI"



Welcome to Thank's