Ticker

6/recent/ticker-posts

Bupati Eka Putra Buka Pelatihan Usaha Menengah Kecil Mikro

TANAMONEWS.COM - TANAHDATAR | Bupati Tanah Datar Eka Putra membuka pelatihan yang diperuntukkan bagi Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) di Tanah Datar 2-4 November 2021, di Aula Hotel Emersia and Resort, Batusangkar pada Selasa, 02 Oktober 2021.

Bupati Menyampaikan, Pelatihan Strategi Managemen dan Market Place bagi wirausaha pemula, diharapkan mampu mengatasi berbagai permasalahan perekonomian dalam mendukung percepatan program unggulan (Progul) Tanah Datar yakni membuka 1.000 lapangan kerja dan wirausahawan.

“Melalui penyelenggaraan Pelatihan Strategi Managemen dan Market Place kita harapkan terwujud angkatan kerja yang mampu mengisi lapangan kerja yang tersedia, karena ke depan Kabupaten Tanah Datar akan terus mengalami kemajuan sejalan dengan misi kedua, tertuang di RPJMD tahun 2021-2026 yakni Meningkatkan Ekonomi Masyarakat dan Perluasan Lapangan Kerja Yang Berbasis Pertanian dan UMKM dengan progulnya menciptakan usahawan baru dan lapangan pekerjaan,” ujar Bupati Eka.

Tak hanya itu, Bupati Eka juga harapkan UMKM juga sebagai pilar perekonomian, melalui pelatihan ini UMKM yang ada di wilayah Kabupaten Tanah Datar memanfaatkan digitalisasi dengan sebaik-baiknya untuk bisa mengembangkan UMKM yang berbasis digitalisasi melalui media sosial seperti facebook, instagram, serta market place seperti tokopedia dan shopee.

"UMKM itu pilar perekonomian nasional, untuk itu perlu strategi khusus agar bisa bersaing. Saat ini ada beberapa kelemahan kita, diantaranya pelaku UMKM tidak memahami ilmu manajemen, cara memasarkan produk juga belum maksimal serta tidak mampu memanfaatkan media sosial," ujar Eka Putra.

Bupati juga ingatkan dalam menghadapi tantangan perekonomian di masa pandemi Covid-19 ini pelaku UMKM harus terapkan prokes untuk menarik konsumen sebagai contoh tuliskan di depan toko atau di medsos “pemilik dan karyawan sudah di vaksin dan menerapkan prokes”.

Ny. Lise tambahkan, pemerintah Daerah Tanah Datar sudah mempunyai rumah kemasan dan itu dapat kita manfaatkan untuk mengemas produk yang dihasilkan dan Dekranasda Tanah Datar siap untuk berbagi pengalaman mulai dari membuat produk, mengemas dan memasarkan.

"Sebagai ketua Dekranasda, saya siap membantu para wirausahawan yang ada di Tanah Datar. Kita masih harus banyak belajar, jatuh bangun usaha itu sudah biasa, tapi kita harus punya motivasi untuk bangkit dan bangkit lagi," pungkas Ny. Lise.

Semenatra itu Kepala Dinas Koperindag Darfizal sampaikan, guna meningkatkan motivasi pelaku UMKM bagi wirausaha pemula menjadikan pengusaha tangguh dalam menghadapi tantangan perekonomian di masa pandemi Covid-19, Dinas Koperindag melaksanakan pelatihan dengan menghadirkan hadirkan narasumber yang berkompeten.(Adi)

Posting Komentar

0 Komentar

"PROMOSIKAN KEGIATAN DAN USAHA ANDA DISINI"



Welcome to Thank's