PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Makna Marawa Tiga Warna di Minangkabau

TANAMONEWS.COM - Marawa atau lambang atau simbol yang mencerminan tiga adat yang ada di ranah Minang. Sedangkan ‘Luhak Nan Tigo’ ialah sebuah ikatan yang tak akan pernah bisa terpisahkan dari tiga Desa atau Nagari yang meliputi, Tanah Datar, Luha 50 Koto dan Luha Agam.

Warna hitam Melambangkan kesabaran dan kesatuan dalam berusaha Luhak Nan Bungsu yaitu daerah 50 kota, diantaranya ada di Payakumbuh, Pangkalan, Bakinan, Rantau Barani, Kuntu Jo Lipek, Tanjuang Baringin dan seterusnya. 

Luhak yang ada pada warna hitam ini atau disebut juga dengan Cadiak Pandai menurut cerita ialah seseorang yang mempunyai ilmu pengetahuan yang tinggi. 

Walaupun terbilang luhak terakhir pada adatnya, akan tetapi mereka bisa menyelesaikan masalah dengan baik dalam menjalankan roda pemerintahan. Penjelasan lainnya, ketika kita sedang berada di daerah 50 koto, maka susunan warna bendera luar ialah, Kuning-Merah-Hitam.

Warna Merah merupakan simbol dari Kabupaten Agam, adapun Wilayah-wilayah nya adalah Nagari Padang, Pariaman, Bukit Tinggi. Warna ini mencerminkan keberanian dan juga mempunyai arti sebuah keagungan sehingga disebut dengan Alim Ulama atau ahli dalam menjalankan keagamaan untuk menyiarkan syariat Islam pada Nagarinya. 

Masyarakatnya pun mempunyai hukum yang tertera di wilayahnya sesuai dengan ajaran agama. Begitu pula dengan warna ini, jika sedang berada di wilayahnya, maka susunannya ialah Hitam-Kuning-Merah.

Warna kuning berasal dari Kabupaten Tanah Datar dengan cangkupan Nagari Solo, Batu Sangkar, Muaro Sijunjuang, Damas raya. Luhak ini menandakan Nan Tuo sebagai pemimpin suku atau penghulu adat dimana dalam bahasa minang, penghulu adat derajatnya setara dengan Raja. Susunan dari Tanah Datar ialah, Hitam-Merah-Kuning.

Marawa Tiga warno ini biasa kita temui di perkantoran, acara nasional, acara keagamaan, pesta rakyat, pesta perkawinan dan hari-hari besar lainnya.**

Posting Komentar

0 Komentar

.com/media/




Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza