PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Pelaku UMKM Se-Kecamatan Guguak Panjang Mendapat Pelatihan dari Pemko Bukittinggi

Bukittinggi, Tanamonews.com - Pelaku usaha Mikro Kecil Menengah di Kecamatan Guguak Panjang, mendapat pelatihan manajemen dari Pemko Bukittinggi melalui Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja. Pelatihan angkatan pertama itu dilaksanakan di aula hotel grand bunda syariah, Selasa (9/5).

Pelatihan dibuka secara resmi oleh Wali Kota Bukittinggi. Dalam sambutannya, Erman Safar meapresiasi pelatihan kewirausahaan bagi usaha mikro, yang merupakan kegiatan sangat strategis dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pelaku usaha mikro di Kecamatan Guguk Panjang. 

Saat ini, Perkembangan UMKM kita memiliki banyak kendala. Hal ini tercermin dari kurang berkembangnya usaha yang dilakoni oleh pelaku usaha walaupun usahanya sudah lama berdiri. Produktivitas serta daya saing produk yang dihasilkan masih terbatas pada lingkungan dimana UMKM banyak berada belum mampu menembus pasar yang luas. Gagap teknologi masih mendominasi sebagian UMKM kita sehingga tidak bisa memenuhi selera pasar yang selalu berubah,” ujar Erman.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, pemerintah akan berusaha terwujudnya iklim berusaha yang kondusif, kebijakan- kebijakan yang berpihak kepada UMKM seperti subsidi bunga melalui Tabungan Utsman dan pelatihan-pelatihan seperti yang akan dilaksanakan saat ini.

Pemerintah berusaha agar UMKM Bukittinggi lebih profesional, mandiri dan memiliki daya saing, baik di tingkat nasional maupun internasional. Jangan sampai kita hanya jadi penonton di negeri sendiri, tetapi kita bertekad untuk menjadikan produk UMKM Bukittinggi.

Menurutnya, kegiatan ini menjadi salah satu upaya pemerintah untuk menanggulangi pengangguran. Para peserta pelatihan mendapatkan materi dari sejumlah narasumber, diantaranya dari Institut Teknologi dan Bisnis Haji Agus Salim Bukittinggi (ITB HAS) dalam bentuk Pelatihan Manajemen bagi Pelaku UMKM.

UMKM merupakan Pilar Terpenting dalam Perekonomian Indonesia. Motivasi dan Upgrade bagi Pelaku UMKM penting juga dilakukan agar mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman, pesan Imran, selaku pemateri. (Dina)

Posting Komentar

0 Komentar

.com/media/




Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza