PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

FPK - UNP Lakukakan Pengambilan Sumpah Perawat Lulusan D3-Keperawatan

Tanamonews, Padang - Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK) Universitas Negeri Padang (UNP) tahun ini kembali menghasilkan lulusan D3-Keperawatan sebanyak 87 orang. 

Mereka akan diwisuda pada 27 September 2023. Lulusan ini telah melalui Ujian Kompetensi (UKOM) yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pendidikan Vokasi Keperawatan Indonesia (AIPVIKI) Pusat, dengan capaian kelulusan tahun ini sebesar 91%. 

Hal ini dinyatakan melalui Berdasarkan Surat Keputusan Komite Nasional Uji Kompetensi Mahasiswa Bidang Kesehatan Nomor 0970/KOM-Kes/VIII/2023 tanggal 13 Agustus 2023, perihal hasil uji kompetensi dinyatakan bahwa 87 orang (91%) kompeten. Capaian ini termasuk kategori tertinggi.

Sebelum menempuh UKOM, mereka juga telah menjalani praktek di berbagai rumah sakit, diantaranya : 

(1) RSUD Padang Panjang; 

(2) RSUD Pariaman; 

(3) RSUD Padang Pariaman; 

(4) RS Aisyiah Pariaman; 

(5) RST Reksodiwiryo Padang; 

(6) RSJ Prof. HB. Sa’anin Padang; 

(7) PSTW Sabai Nan Aluih Sicincin; dan 

(8) Puskesmas se Kota Pariaman. 

Praktek yang dilalui dimaksudkan sebagai pengimplementasian bekal pengetahuan yang diperoleh melalui bangku perkuliahan, sekaligus sebagai wahana untuk merasakan suasana riil dari penanganan pasien serta manajemen pengelolaan institusi kesehatan. 

Hal ini disampaikan oleh Dr. Suryanef, M.Si. selaku Dekan FPK UNP kepada Rektor dalam acara Pengambilan Sumpah Perawat bagi lulusan baru D3-Prodi Keperawatan FPK UNP yang diselenggarakan hari Kamis tanggal 21 September 2023 di Aula Fakultas Ilmu Sosial UNP. 

Bersamaan dengan laporannya, Dekan juga mengajak para mahasiswa untuk menghayati, mengamalkan isi lagu Mars Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) yang memuat keteladanan, pengabdian, serta menjunjung tinggi kode etik profesi keperawatan. 

Selanjutnya Dekan juga menghimbau para lulusan untuk menjadi perawat yang humanis serta melayani pasien dengan hati.

Di sisi lain Rektor Universitas Negeri Padang, yang diwakili oleh Wakil Rektor I, Dr. Refnaldi, M.Lit. menyatakan syukur dan kebanggaannya atas capaian UKOM Prodi D3-Keperawatan FPK. 

Beliau juga berpesan kepada para lulusan agar menjaga nama baik almamater dan melakukan pengembangan pengembangan diri melalui studi lanjut. 

Apalagi FPK saat ini juga telah memiliki S1- Keperawatan, serta Pendidikan Profesi Ners. Manfaatkanlah peluang yang ada, kata Wakil Rektor I. 

Beliau juga mengucapkan selamat atas keberhasilan para lulusan melalui UKOM, dan bagi yang belum berhasil tetap bersemangat dan tidak larut dalam kesedihan, ucapnya lagi.

Sementara itu Ketua DPW (PPNI) Provinsi Sumatera Barat, Ns. Meta Seprinel, S.Kep., MM. memberikan apresiasi atas torehan prestasi D3-Prodi Keperawatan FPK UNP, yang menurutnya terus berkembang dan memiliki karakteristik yang berbeda dengan lulusan institusi keperawatan lainnya. 

Sebab mereka dididik dalam lingkungan kampus yang core-business utamanya di bidang pendidikan. Meta Seprinel mengajak para lulusan untuk terus mengembangkan diri, khususnya dalam penguasaan bahasa asing dan teknologi. 

Sebab profesi keperawatan termasuk salah satu profesi yang dibutuhkan pasar global. Lebih lanjut, ia juga meminta para lulusan untuk senantiasa menjaga marwah profesi keperawatan yang sarat dengan nilai dan harkat martabat kemanusiaan.

Dalam acara pengambilan Sumpah Perawat ini juga dilakukan penyerahan daftar nama lulusan kepada DPW PPNI Provinsi Sumatera Barat, agar dapat dimanfaatkan dan dipekerjakan sesuai bidang ilmu keperawatan baik pada institusi pemerintah mau pun swasta, serta diberikan izin praktek mandiri. 

Hadir juga dalam acara ini para wakil dekan, pimpinan departemen, para dosen, serta tenaga kependidikan di lingkungan FPK. Suasana haru sempat mewarnai pengambil sumpah perawat, saat salah seorang lulusan menyanyikan lagu Bunda serta Hymne Guru yang sarat makna. 

Apalagi ketika beberapa lulusan memberikan untaian bunga kepada beberapa orang dosen termasuk Ketua DPW PPNI, Wakil Rektor I, dan Dekan sebagai wujud kasih dan terimakasih. 

Momen ini menjadikan banyak hadirin sampai meneteskan air mata. Kegiatan ini diakhiri dengan pemberian ucapan selamat kepada semua lulusan.(*)

Posting Komentar

0 Komentar

.com/media/




Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza