PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Optimalkan Potensi Wisata, Dosen UNP bina Pengembangan Gree-GeoPark di Kenagarian Saniangbaka Solok

Tanamonews - Wali Nagari Saniangbaka Dasrizal Chandra Bahar, salah satunya yang urgen adalah memberikan edukasi kepada masyarakat tentang Green Tourism yang menjadi dasar pengeMbangan Green-GeoPark di Saniangbaka. 

Hal senada juga disampaikan oleh Eldo Askhia selaku Ketua Podarwis Tangaya, bahwa potensi objek wisata Green-GeoPark di Saningabaka sangat terbuka dan luas, karena area GeoPark berada di kawasan Bukit Barisan dan berbatasan langsung dengan Kota Padang.   

Setelah kegiatan Pembukaan, maka tim pelaksana PPNB bersama dengan Pokdarwis Tangaya, melakukan eksplorasi dan pemetaan potensi wisata Green GeoPark yang dilaksanakan pada tanggal 9-10 September dan dilanjutkan pada 16-17 September 2023. 

Beberapa objek wisata alam dan dan bernilai sejarah dieksplorasi oleh Tim PPNB dan Pokdarwis, sekaligus menelusuri jalur treking menuju masing-masing target lokasi obejk Green GeoPark. 

Perjalanan diawali dengan menelusuri arah barat pedalaman Bukit Barisan, dengan berbagai objek alam yang masih asri, serta objek sejarah yang membuktikan adanya kehidupan masyarakat pada masa lalu sebagai sebuah perkampungan asal masyarakat Saniangbaka, yang berada di Kawasan Gedung Batu Gedung Beo Bukit Barisan, dengan menempuh perjalanan 2,5 jam menuju lokasi dari akses akhir kendaraan, dengan melibatkan 12 orang mahasiswa pendamping.   

Disamping melaksanakan kegiatan pemetaan dan eksplorasi potensi wisata Green-GeoPark, kegiatan pembinaan terhadap UMKM dan Pelaku Seni dan Budaya juga dilaksanakan. Pelatihan kepada pelaku UMKM khususnya pada aspek legalitas usaha dan pemasaran dilaksanakan pada hari Jumat, tanggal 15 September 2023, dengan pengarahan oleh Dr. Zul Afdal, M.Pd dan Dr. Eka Fauzihardani, SE., M.Si.Ak.

Sehingga memberikan bekal penngetahuan awal bagi UMKM Saniangbaka dalam perannya sebagai pelaku ekonomi dalam pengembangan Gree-GeoPark ini.Kedua topik ini diberikan kepada UMKM, berdasarkan angket yang diberikan kepada 35 UMKM yang hadir saat pembukaan PPNB, dan berdasarkan hasil analisis data angket, diperoleh kedua topik bahasan tersebut menjadi kebutuhan yang mendesak bagi seluruh UMKM. 

Tindak lanjut berikutnya adalah implementasi dan pendampingan bagi UMKM dalam pemasaran dan legalitas usaha.   Selanjutnya kegiatan PPNB dilanjutkan dengan pendampingan pelaku seni dan budaya dengan menghadirkan Maestro Tari Ery Mefri dari Nan Jombang Company Dance, yang juga merupakan putra asli dari Nagari Saniangbaka. Dalam pemaparannya Ery Mefri mengungkapkan bahwa peran aktif Pelaku dan Seni dan Budaya merupakan salah faktor penentu keberhasilan program Nagari Wisata.

Karena akan sangat banyak atraksi budaya dan seni yang dapat disajikan dalam nagari dan menjadi even rutin yang dapat diagendakan, sehingga dengan agenda yang jelas, akan menarik pengunjung untuk menyaksikan pagelaran seni dan budaya tersebut, banyak budaya adat dan kearifan lokal yang bernilai jual yang dapat dikemas sebagai penunjang program Green-GeoPark ini.   

Maka dukungan  dari semua pihak, baik pemerintahan Nagari, pelaku UMKM dan Seni Budaya akan menjadi penentu keberhasilan program pengembang Desa Wisata Green-GeoPark ini. 

Posting Komentar

0 Komentar

.com/media/




Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza