PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Pertama kalinya diselenggarakan di UNP, Gubernur Serahkan Tropi Juara Olimpiade Halal Siswa SLTA

Tanamonews, Padang - Olimpiade Halal Siswa SLTA se-Sumatera Barat telah dilaksanakan di Universitas Negeri Padang, 8-9 September 2023. 

Kegiatan ini dibawah koordinasi Pusat Kajian Halal UNP dengan dibantu oleh para mahasiswa yang tergabung dalam Unit Kegiatan Kerohanian UKK UNP sebagai pelaksana teknis di lapangan. 

Tujuan dilaksanakannya kegiatan Olimpiade Halal adalah dalam rangka meningkatkan literasi dan edukasi halal pada generasi muda sehingga bisa ditumbuhkan kesadaran akan halal sejak dini. 

Kegiatan ini diawali dengan pembekalan para siswa yang terdaftar. Pembekalan secara zoom meeting dilaksanakan selama satu bulan sebelumnya. 

Berbagai topik terkait halal disampaikan kepada siswa seperti Fiqih Halal, Potensi Kontaminasi Zat Haram Pada Produk Sehari-Hari, Sistem Jaminan Produk Halal, Konsep Literasi Halal Siswa SLTA, Teknik Otentikasi Halal, Mengenal Sertifikasi Halal di Indonesia, Mengenal Kosmetik Halal, Ekonomi Dan Keuangan Syariah Dalam Ekosistem Halal, dan Wisata Halal untuk SLTA. 

Narasumber Kegiatan Pembekalan ini adalah Direktur dan wakil direktur LP POM MUI Sumbar, Pengurus halal center UNP (PKH, LPH, LP3H) dan Pengajar praktisi dari PT Paragon and Innovation selaku produsen kosmetik halal Wardah. 

Selama kompetisi dua hari di UNP, yang berhasil sebagai Juara Umum adalah MAN 1 Padang Pariaman. Penyerahan hadiahnya langsung diberikan oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi di auditorium UNP 11/09/2023 lalu. 

Berikut adalah para juara pada empat cabang lomba yang diperlombakan: 

Lomba Karya Tulis Ilmiah Halal

  • Juara 1: Rahmana Naomi Taufik (SMAN 3 Painan)
  • Juara 2: Mahfuzatul Husni (MAN 1 Padang Pariaman)
  • Juara 3: Siti Aisyah Ats Tsaqofi (MAN 1 Padang Pariaman)

Juara Kreasi Video Pendek Halal

  • Juara 1: Nabil Prayusditia Lafino (MAN 1 Padang Pariaman)
  • Juara 2: Maizka Safina (MAN 2 Kota Bukittinggi)
  • Juara 3: Salwa Alifa (SMA IT Insan Cendekia Boarding School, Payakumbuh)

Lomba Olimpiade Tulis Halal

  • Juara 1: Thariq Ziyadatul (MAS Perguruan Islam Ar Risalah)
  • Juara 2: Jauza Nafisa (MAS Perguruan Islam Ar Risalah) 
  • Juara 3: Annisa (MAN 2 Bukittinggi)

Lomba Cerdas Cermat Halal

  • Juara 1: SMA IT Insan Cendekia Boarding School, Payakumbuh
  • Juara 2: SMAN 3 Painan
  • Juara 3: SMA Dar EL Iman, Padang

Para juri memberikan kesan yang mendalam terhadap talenta dan potensi bagi para siswa ini. “Bagus juga jika Pusat Kajian Halal sebagai tindak lanjut membina peserta LKTI ini dengan Kelompok Ilmiah Remaja/Siswa Ekonomi Islam dan Ilmu Halal. 

PKH membina mereka melalui pelatihan metode penelitian dan pendampingan oleh mentor mahasiswa UNP (IMAPELA PKH UNP)” kata Dr. M Irfan, SE, ME sebagai salah satu juri cabang LKTI. (*)

Posting Komentar

0 Komentar

.com/media/




Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza