PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Ade Rezki Pratama : 91% Warga Agam Terproteksi BPJS Kesehatan

Agam, Tanamonews.com - Sebanyak 39 nagari di Kabupaten Agam berhasil mencapai predikat desa Universal Health Coverage (UHC). Dimana cakupan kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Agam telah mencapai 91 % dari jumlah penduduk yang ada.

Hal itu disampaikan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi, Henny Nursanti, saat menghadiri Sosialisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), di aula kantor Wali nagari Sungai Tanang, Minggu 01 Oktober 2023.

Henny memaparkan, penerima UHC ini adalah nagari yang warganya sudah 95 persen dari jumlah penduduk di nagari mengikuti program JKN. Dari Awal tahun kemarin hingga kini sudah 39 nagari menerima UHC ini. 

Hal ini katanya lagi, tidak lepas dari dukungan Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Disdukcapil dan nagari yang telah mensupport masyarakat untuk mendapatkan jaminan kesehatan.

Disamping itu, peningkatan terjadi tidak terlepas dari peran serta Legislator RI, Ade Rezki Pratama, anggota komisi IX yang berhasil memperjuangkan penambahan peserta BPJS Kesehatan. Pada tahun 2023 ini, Kabupaten Agam mendapat penambahan sebanyak 20 ribu jiwa bagi masyarakat kurang mampu.

Anggota komisi IX DPR RI, Ade Rezki Pratama, yang hadir pada kegiatan sosialisasi itu menyampaikan, Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) merupakan salah satu wujud perhatian pemerintah dalam meningkatkan akses masyarakat untuk memperoleh pelayanan kesehatan sehingga mencapai Universal Health Coverage (UHC).

Dari 30 ribu yang ia usulkan, 20 ribu diantaranya berhasil lolos dan telah terdaftar sebagai peserta JKN yang di biayai oleh APBN. Sebelumnya capaian kepesertaan BPJS Kesehatan di Kabupaten Agam 87% dan setelah ada usulan tersebut kini naik menjadi 91%, paparnya.

Bpjs Kesehatan pada hari ini sesuai peraturan perundang-undangan bertugas tidak hanya sebagai pemberi pelayanan kesehatan tapi murni sebagai juru bayar. Untuk itu, politisi muda mengajak masyarakat yang ekonominya cukup menjadi peserta JKN KIS secara mandiri, karena jaminan kesehatan itu penting.

Camat Banuhampu, Susi Karmila, selaku tuan rumah meapresiasi kegiatan sosialisasi perdana yang dipusatkan di nagari sungai tanang. Ia menilai Bpjs kesehatan sangat dibutuhkan masyarakat. Target 2024 banyak program prioritas Nasional yang perlu dicapai, selain stunting, ketahanan pangan, gizi juga capaian uhc.

Dengan adanya sosialisasi ini, ia berharap dapat memberikan edukasi kepada masyarakat sehingga nantinya mereka yang mampu dapat mendaftarkan diri menjadi peserta jkn kis, sehingga capaian target UHC Kabupaten Agam meningkat. (Dina)

Posting Komentar

0 Komentar

.com/media/




Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza