PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Ade Rezki Pratama-BPOM Edukasi Masyarakat IV Koto

Agam, Tanamonews.com - Anggota Komisi IX DPR RI, Ade Rezki Pratama menghimbau masyarakat lebih cerdas, waspada dan teliti dalam memilih obat dan makanan.

"Pastikan obat yang dibeli layak dikosumsi dengan melakukan cek KLIK. Lihat Kemasan, lihat Label, lihat Izin Edar, dan lihat Kadaluarsa, kata Ade Rezki Pratama pada kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) Keamanan Obat dan Makanan di Pemandian Kelok Sikabu, Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, Minggu 1 Oktober 2023.

Menurut Ade, saat ini masih banyak produsen-produsen nakal yang memproduksi obat dan makanan tanpa memperhatikan kualitas dan keamanan dari produk yang dihasilkan. Ade mencontohkan, beberapa bulan lalu ditemukan kasus obat penurun panas anak yang dijual bebas dalam bentuk sirup. 

Obat tersebut diduga mengandung zat berbahaya, sehingga pada akhirnya banyak anak yang demam tinggi, tidak sadarkan diri, kejang-kejang dan masuk UGD. "Banyak anak-anak yang terserang gagal ginjal akut karena salah konsumsi obat. Banyak yang mungkin belum terawasi dan ini menjadi tugas kita bersama," ujarnya.

Ade berharap, untuk pengawasan dilakukan oleh pemerintah, BBPOM dan masyarakat. "Aparat Kepolisian juga bisa mendatangi dan melihat satu persatu produsen ilegal maupun bagi yang memproduksi barang yang tidak sesuai dengan standar keamanan kesehatan,” tutur Ade.

Selain itu, Ade juga mengedukasi masyarakat soal penggunaan obat kuat pria dewasa. "Saat ini banyak beredar obat kuat khusus pria dewasa. Ada merek Urat Kuda, ada tulisan jamu di kemasan, seolah obatan herbal. Kita jangan sampai tertipu dengan kemasan dan iklan," kata Ade.

Komisi IX DPR yang bermitra kerja dengan  Balai Besar POM di Padang, kata Ade juga aktif dalam mengawasi peredaran obat dan makanan yang dinilai berbahaya untuk dikonsumsi masyarakat.

Terkait dengan pangan, BBPOM tidak hanya mengawasi namun juga melakukan pendampingan kepada masyarakat pelaku UMKM. 

Ade Berharap kepada BBPOM di Padang, agar setiap produk yang dihasilkan pelaku UMKM di Sumbar, mendapat izin edar dan registrasi agar produk mereka dapat dipasarkan ke daerah lain.

“Semoga dengan adanya kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui KIE ini, bisa bermanfaat bagi masyarakat dalam membeli, memilih obat dan makanan yang baik untuk dikonsumsi,” tutur Ade Rezki Pratama.

Perwakilan Kepala BBPOM di Padang, Linda Gusrini mengatakan, masyarakat harus bijak dan cermat dalam penggunaan obat dan mengkonsumsi makanan. Sebab, masih banyak ditemukan produk yang diperjual belikan tidak sesuai standar dan tidak terdaftar di Badan POM.

Untuk itu melalui kegiatan KIE bersama Anggota Komisi IX DPR RI Ade Rezki Pratama, BBPOM di Padang mengingatkan dan mengajak masyarakat untuk selalu menjadi konsumen yang cerdas dalam membeli produk obat dan makanan.

“Pastikan dalam membeli, memilih dan mengkonsumsi obat dan makanan, masyarakat tidak lupa untuk cek KLIK, yaitu cek Kemasan, Label, Izin Edar dan Kadaluarsa,” ujar Linda.

Ia menyebutkan, keamanan pangan merupakan persyaratan utama yang harus dipenuhi oleh setiap produk makanan yang akan diedarkan ataupun dikosumsi masyarakat.

Menurutnya, banyak masyarakat yang belum memahami dan mengetahui bahwa penanganan makanan yang salah dapat mengakibatkan gangguan kesehatan, dan masih ditemukannya produk makanan yang tidak memenuhi persyaratan mutu dan keamanan.

“BBPOM di Padang sebagai Unit Pelaksana Teknis Badan POM, disamping melakukan pengawasan terhadap keamanan produk makanan, juga mengangawasi dan mengendalikan penggunaan bahan berbahaya pada produk obat dan kosmetik, termasuk obat-obat tradisional,” katanya.

Pemberdayaan masyarakat melalui Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) Keamanan Obat dan Makanan ini digelar BBPOM di Padang bersama Komisi IX DPR RI, yang turut menghadirkan kepala Loka POM di Payakumbuh sebagai narasumber yang mengedukasi peserta. (Dina)

Posting Komentar

0 Komentar

.com/media/




Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza