PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Bedah Isu Ketahanan Pangan untuk Indonesia 2045, Agroindustri FMIPA UNP Hadirkan Wagub Audy Joinaldy di Semnas

Tanamonews.com, Sijunjung - Departemen Agroindustri Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Padang (UNP) menggelar Seminar Nasional dengan tema Ketahanan Pangan untuk Indonesia Emas 2045 yang berlangsung secara hybrid, offline di Gedung Pancasila Muaro Sijunjung dan online di zoom meeting, Senin (23/10/2023).

Kegiatan yang diikuti lebih kurang 250 orang peserta baik offline maupun online mendatangkan Wakil Gubernur Sumatera Barat Dr. Ir. Audy Joinaldy, S. Pt,  M.Sc, IPM, MM. Asian. Eng  sebagai keynote speaker terkait bagaimana ketersediaan Pangan di Indonesia.

Kemudian Prof. Abdul Razak, M.Si dengan Nano Buble Teknologi dibidang pertanian, perikanan dan reklamasi lahan bekas tambang, Fitra Syawal Harahap, SP, M.Agr dari Agroteknologi Universitas Labuhan Batu Sumatera Utara serta Dr. Ir Edwin, SP dari Universitas Andalas. Masing masing bicara tentang kultur tanah dan tanaman serta perkembangan pertanian berkelanjutan.  

Dalam sambutannya, Dekan FMIPA UNP Dr. Yulkifli M. Si mengatakan bahwa seminar nasional ini merupakan program rutin Departemen Agroindustri sebagai komitmen untuk pengembangan ilmu peternakan, agribisnis dan agroteknologi serta pertanian berkelanjutan. 

FMIPA UNP juga akan terus meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak baik nasional maupun internasional untuk mewujudkan pengembangan dan peningkatan ilmu pengetahuan di bidangnya.

Bupati Sijunjung yang dalam hal ini diwakili oleh asisten III Muhadiris SP, ME menjelaskan keberadaan Kabupaten Sijunjung sebagai kabupaten yang potensial dalam mendukung program ketahanan pangan, tinggal kerjasama dan sinergitas yang perlu ditingkatkan dengan pihak perguruan tinggi terutama Agroindustri Kampus Sijunjung.

Sementara itu Audy dalam materi yang disampaikannya mengungkapkan Perkembangan Agroindustri yang diikuti dengan perkembangan teknologi sangat menjanjikan di masa depan, apalagi bagi generasi milenial yang melek dengan teknologi, di era industri 4.0, kecepatan dan kesungguhan mengambil peluang sangat menentukan kesuksesan generasi muda.  

Lebih lanjut ia memaparkan bahwa Sumbar berada di urutan 11 provinsi di Indonesia dalam hal ketahanan pangan. Sebagai provinsi yang base kultural ekonomicnya agraris, menurut Audy kita berpeluang untuk meningkatkan produksi agro kita, apalagi Sumbar memiliki tanah yang subur.   Hadir juga dalam acara tersebut Camat se-Kabupaten Sijunjung, Kepala OPD.

Semnas ini terselenggara berkat kerja keras dan semangat dari semua civitas Akademika Departemen Agroindustri FMIPA UNP, Kepala departemen Agroindustri  Resti Fevria, MP, Ketua Pelaksana, Rini Elisia S.Pt, MP serta moderator Santi Diana Putri, M.Si serta seluruh panitia.(*)

Posting Komentar

0 Komentar

.com/media/




Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza