PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Departemen Kimia UNP Gelar PIK ke-29 Rebutkan Piala Gubernur Sumbar

Tanamonews.com, Padang - Departemen Kimia Fakultas Matematika Pengetahuan Alam (FMIPA) mengadakan Pekan Ilmiah Kimia (PIK) ke-29 pada Minggu (15/10/2023) lalu di Aula FMIPA, Universitas Negeri Padang (UNP).

Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang diadakan oleh Departemen Kimia melalui Himpunan Mahasiswa Departemen (HMD) Kimia.

Kegiatan yang bertemakan “Believe in Your Ability, Be Smart in Every Action and Mark Yourself for a Brighter Future” ini juga memperebutkan Piala Gubernur Sumatera Barat yang terdiri dari Lomba Kimia Perorangan Siswa tingkat Nasional dan Mahasiswa tingkat Internasional.

Dan Lomba Cepat Tangkas dan Keterampilan Kimia (LCTKK) serta diadakan Open Laboratorium untuk 150 pendaftar pertama. Kegiatan ini terdiri tiga babak, yaitu Penyisihan pada tanggal 15 Oktober 2023, Semifinal pada 21 Oktober 2023 dan Final pada tanggal 22 Oktober 2023.

Penyelenggaraan PIK ke-29 berbeda dari PIK tahun sebelumnya, dimana HMD Kimia berhasil mengadakan Lomba Kimia Antar Mahasiswa tingkat Internasional dan adanya perebutan Piala Gubernur Sumatera Barat.  

Ketua Pelaksana PIK 29, Dion Randi Karsa yang juga Mahasiswa Departemen Kimia 2020 dalam sambutannya mengatakan PIK 29 diikuti oleh 751 siswa dari Sumbar dan luar Sumbar serta UNP, Universitas Andalas (UNAND), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Uin Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi serta diikuti oleh mahasiswa Universiti Putra Malaysia dan Universiti Malaysia Serawak.

Ketua HMD Kimia, Hardiansyah menyampaikan apresiasi pada seluruh panitia yang telah bekerja keras dalam menyukseskan acara ini. Sementara itu Kepala Departemen Kimia, Budhi Oktavia, M.Si., Ph.D. menyampaikan dengan adanya open laboratorium pada Pekan Ilmiah Kimia 29 ini, diharapkan dapat menambah pengetahuan siswa terhadap instrumen-instrumen yang ada di kimia.

Wakil Dekan I FMIPA UNP, Dr. Yuni Ahda, S.Si, M.Si., juga memberikan apresiasi kepada panitia yang mampu mengadakan event besar ini dengan menghadirkan ratusan peserta siswa SMA/MA dan mahasiswa dari berbagai universitas.

Lebih lanjut, Beliau mengatakan dengan adanya kompetisi diharapkan dapat mengasah kemampuan intelektual, serta bisa bertemu dan berkomunikasi dengan siswa-siswa dari berbagai sekolah. Wakil Rektor III UNP, Prof. Yohandri, M.Si., Ph.D. mewakili Rektor Universitas Negeri Padang menyampaikan bahwa UNP mendukung penuh berbagai aktivitas dan kegiatan mahasiswa di Universitas Negeri Padang, salah satunya Pekan Ilmiah Kimia (PIK) 29.

Terakhir, Kepala Bidang PSMA Dinas Pendidikan Sumbar, Mahyan, S.Pd. MM., mewakili Gubernur Sumatera Barat sekaligus membuka Pekan Ilmiah Kimia (PIK) 29 juga menyampaikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan ini dimana bisa menghadirkan ratusan peserta yang menunjukkan antusias siswa dan mahasiswa dalam mengikuti lomba.(*)

Posting Komentar

0 Komentar

.com/media/




Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza