PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

K.I.E Bersama BBPOM di Kab. Pasaman, Ade Rezki: Waspada Produk Berbahaya

Pasaman, Tanamonews.com - Masyarakat Sumatera Barat beberapa waktu lalu dikejutkan oleh berita beredarnya beras diduga sintetis di kota Bukittinggi. Temuan tersebut merupakan salah satu bentuk perhatian masyarakat terhadap bahan pangan bermasalah.

Hal itu disampaikan Anggota Komisi IX DPR RI, Ade Rezki Pratama, pada kegiatan komunikasi informasi dan edukasi, di Lapangan Futsal Pangeran, Nagari Lansad, Rao Selatan, Kabupaten Pasaman Senin 17 Oktober 2023.

Selain itu, beberapa waktu lalu BPOM juga menemukan obat sirup demam berbahaya. Obat sirup dilarang dikonsumsi tersebut mengandung cemaran etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG) melebihi ambang batas normal. Obat sirup dilarang beredar itu diduga menjadi penyebab kasus gagal ginjal akut misterius yang terjadi pada ratusan anak Indonesia. Pemerintah pun telah menarik obat sirup dilarang itu dari peredaran dan ditarik dari apotek-apotek.

Tidak hanya pangan dan obat, di pasaran juga ditemukan kosmetik mengandung zat berbahaya yang akan membahayakan kesehatan masyarakat jika digunakan secara terus menerus. Seperti pemutih wajah, lipstik, masker dan lain sebagainya, ungkap Ade.

Kasus kasus tersebut merupakan sebagian permasalahan yang ditemukan di pasaran. Kondisi itu terjadi karena ulah produsen nakal dan minimnya informasi yang diperoleh masyarakat. Hari ini, komisi IX DPR RI bersama BBPOM menggelar kegiatan komunikasi informasi dan edukasi dengan harapan masyarakat menjadi konsumen cerdas.

Kepala BBPOM di Padang yang di wakili PFM  Muda substansi Informasi dan Komunikasi Balai Besar POM di Padang, Bapak Yon Firman SSI Apt, menerangkan kepada 500 peserta yang hadir terkait cara mengenali dan memilih produk yang akan dibeli.

Yon Firman mengajak masyarakat untuk menjadi Konsumen Cerdas melalui "Cek KLIK: Cek Kemasan, Cek Label, Cek Izin Edar, dan Cek Kedaluwarsa" sebelum mengkonsumsi baik obat dan Makanan. Selain itu, Beliau menghimbau agar masyarakat selalu memastikan kevalidan berita terkait obat dan makanan pada Website BPOM ataupun dengan menghubungi Contact Center Halo BPOM 1500 533. 

Dalam mempermudah masyarakat dalam melakukan verifikasi produk, BPOM membangun aplikasi Cek BPOM dan BPOM Mobile yang dapat diunduh pada playstore.(Dina)

Posting Komentar

0 Komentar

.com/media/




Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza