PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

UK-PPIPM laksanakan Coaching Clinic Penulisan Artikel Ilmiah Bereputasi

Tanamonews.com - Untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa dalam melakukan penelitian serta meningkatkan skill dalam menulis karya ilmiah, Unit Kegiatan Pusat Pengembangan Ilmiah dan Penelitian Mahasiswa (UK-PPIPM) Universitas Negeri Padang melaksanakan kegiatan Coaching Clinic untuk seluruh anggota khususnya divisi pengembangan bakat dan minat publikasi.

Bertempat di ruangan sidang senat rektorat bagonjong kegiatan ini dilaksanakan selama beberapa kali pertemuan dan pada Minggu 22 Oktober 2023 kegiatan secara resmi ditutup. 

Panitia menghadirkan narasumber bapak Engkizar SIQ, M. Ed dan Senior Researcher International Islamic Studies Development and Research Center (IISDRC), Indonesia Afifah Febriani, S. Pd dalam kegiatan tesebut. 

Menurut panitia Syifa Afifah kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa dalam melakukan penelitian, selanjutnya hasil penelitian tersebut ditulis ke dalam naskah karya ilmiah dengan kualitas dan standar yang layak untuk diterbitkan pada jurnal nasional terakreditasi SINTA maupun jurnal-jurnal terindeks database internasional bereputasi seperti DOAJ, EBSCO, WoS dan SCOPUS.   

Disamping itu para peserta juga diberikan materi tentang bagaimana mengelola jurnal yang professional, UK-PPIPM patut berbangga karena saat ini telah mempunyai 2 jurnal yang dikelola secara professional sehingga berhasil mendapatkan Akreditasi SINTA 3 atas nama jurnal Penelitian Aktual dan Kajian Analisis Reformasi (PAKAR) dan satu lagi jurnal terindeks database Internasional DOAJ dan Copernicus atas nama International Journal of Multidisciplinary of Higher Education (IJMURHICA). 

Menurut salah seorang peserta Aura Syfa Fitriani mahasiswa deparment Piskologi, banyak manfaat yang saya dapatkan dalam kegiatan ini, bahkan hari ini kami belajar bagaimana menggunakan berbagai tools dalam menganalisis data seperti VOSViewer, alat analisis data bibliometrik yang dapat memetakan hasil-hasil riset para peneliti dunia terkait berbagai isu dan permasalahan riset terkini, saya harap kegiatan ini akan selalu diadakan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang riset dan publikasi. 

Menurut pemateri bapak Engkizar dunia riset dan publikasi tidak terlepas dari kehidupan mahasiswa di perguruan tinggi, bahkan publikasi merupakan salah satu instrument dalam meningkatkan reputasi perguruan tinggi, apalagi UNP menuju Word Class University (MCU), untuk itu saya bangga, senang dan juga berterimakasih kepada panitia dan UK-PPIPM karena telah bergabung selama hampir 5 tahun sebagai pemateri di kelompok studi mahasiswa yang konsen dengan kegiatan riset dan publikasi ini. (*)

Posting Komentar

0 Komentar

.com/media/




Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza