PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

FPK-UNP Selenggarakan Kuliah Umum Bersama Dekan Fakultas Ilmu Keperawatan UI

Tanamonews.com - Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK) Universitas Negeri Padang (UNP) kembali menggelar kuliah umum. Kuliah umum ini dilaksanakan untuk membangun wawasan akademik sivitas akademika sekaligus reputasi akademik. 

Hadir sebagai dosen tamu pada kesempatan ini adalah Agus Setiawan, SKp., MN., DN. Kuliah umum berlangsung di Ruang Sidang Senat, Lantai IV Rektorat UNP. Selasa, 12 Desember 2023.

Topik yang dielaborasi: Peningkatan Kompetensi Perawat Komunitas yang Unggul dan Berdaya Saing Global dalam Transformasi Kesehatan.  

Rektor UNP, Prof.Ganefri, Ph.D. dalam sambutannya menyampaikan bahwa UNP saat ini terus berbenah diri guna mewujudkan targetnya menjadi bagian dari World Class University. 

Untuk keperluan tersebut, maka UNP telah melakukan bebagai langkah strategis seperti peningkatan riset dan publikasi, pembinaan mahasiswa untuk mencapai prestasi dalam lingkup nasional maupun internasional, jejaring kerja dan sebagainya.

Rektor UNP, Prof.Ganefri, Ph.D. menambahkan, UNP saat ini secara kelembagaan telah mengembangkan diri dengan kehadiran berbagai prodi baru, secara khusus dalam bidang kesehatan diantaranya Prodi Kedokteran, Keperawatan (S1) dan Pendidikan Profesi Ners, yang akan disusul dengan Prodi Kedokteran Hewan. 

Khusus prodi dalam lingkup kesehatan ini menjadikan Kampus Pariaman dan Kampus Bukittinggi sebagai sentranya, ujarnya.

Di akhir sambutannya, Rektor mengapresiasi capaian UKOM Mahasiswa Prodi Keperawatan (D3) yang selalu mencapai di atas 95 persen bahkan pernah mendapatkan penghargaan dari AIPViKI.  

Agus Setiawan selaku dosen tamu dalam pemaparannya mengungkapkan bahwa dunia kesehatan dewasa ini dihadapkan pada isu global menyangkut perubahan yang begitu cepat, tidak pasti dan tak dapat diprediksi, kehidupan yang sangat komplit. 

Disamping itu juga kebutuhan kompetensi global tenaga kesehatan, dan kehadiran UU Nomor 17 tahun 2023 tentang Kesehatan. Khusus dalam dunia pendidikan menjadi penting untuk mengadaptasi kebijakan baru Permendikbud-ristek Nomor 53 tahun 2023 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. 

Lebih lanjut Agus Setiawan menyatakan bahwa perawat sebagai pemberi layanan mempunyai peran sebagai: 

  1. Health promotion dengan target populasi yang sehat. Tujuannya meningkatkan kesehatan dan mencegah penyakit. Hal ini terwujud dalam bentuk kegiatan penyuluhan di masyarakat melalui berbagai media;
  2. Health protection dengan target populasi rentan dengan tujuan memberikan perlindungan khusus. Hal ini diwujudkan melalui kepastian tenaga kesehatan menggunakan APD lengkap, serta penyuluhan pada kelompok khusus dan imunisasi; dan
  3. Early diagnosis and prompt treatment dengan target populasi yang sakit/masa inkubasi. Tujuannya untuk mendeteksi awal dan memotong rantai perjalanan penyakit. Hal ini sangat kental dirasakan pada saat pandemic covid-19.  

Selanjutnya Agus Setiawan menyatakan bahwa untuk menghadapi tantangan pelayanan kesehatan pada era disrupsi dibutuhan sekali inovasi pelayanan kesehatan serta pengembangan kompetensi sumberdaya manusia kesehatan. 

Oleh karena itu sangat diperlukan sekali lulusan yang memiliki kemampuan: 

  1. Berpikir kritis dan penyelesaian masalah; 
  2. Literasi digital; 
  3. (3) kreatif dan imajinatif; kepemimpinan dan pengembangan diri; 
  4. Transformasi dan adaptasi digital; dan 
  5. Kepemimpinan dan pengembangan diri. Demikian pamungkas materi kuliah umum yang sangat menarik perhatian semua sivitas akademika FPK yang menghadirinya.  

Suryanef selaku Dekan FPK saat diwawancarai Tim Humas UNP menyatakan bahwa kuliah umum merupakan sebuah kegiatan akademik yang penting bagi pengembangan wawasan akademik, khususnya di kalangan mahasiswa. 

Untuk keperluan itu, katanya FPK senantiasa berupaya untuk menghadirkan dosen tamu dari berbagai perguruan tinggi baik dari dalam maupun luar negeri. 

Di akhir wawancara, Suryanef juga menyatakan seiring dengan program  WCU-nya UNP, pada semester Juli-Desember 2023 FPK mempunyai dua dosen, masing-masing untuk Prodi Psikologi adalah Fonny Dameaty Hutagalung  (Bachelor and Ph.D. of of Psychology) Universiti Malaya, Malaysia dan untuk Prodi Keperawatan adalah Assoc. Prof. Waraporn Kongsuwan, Ph.D., RN. (Associate Dean for Graduate Studies) Prince of Songkla University, Hatyai, Thailand, pungkasnya.*

Posting Komentar

0 Komentar

.com/media/




Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza