PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Potong Kue oleh Bupati Sabar AS, tandai peringatan hari ibu ke 95 ,Kabupaten Pasaman

Pasaman, Tanamonews.com - Peringatan Hari Ibu setiap tanggal 22 Desember menjadi momentum perayaan untuk mengapresiasi peranannya dalam keluarga. Dirangkum dari berbagai sumber, sejarah Hari Ibu di Indonesia bermula dari penyelenggaraan Kongres Perempuan Indonesia pertama di Yogyakarta pada 22 Desember 1928.

Sementara itu untuk peringatan hari ibu di kabupaten Pasaman yang ke 95 tahun 2023 ini ditandai dengan pelaksanaan Whork shop perempuan berdaya dan berkarya menuju Pasaman berimtaq dengan tema " Perempuan berdaya Indonesia maju yang disreenggarakan di gedung Syamsiar Thaib Lubuk Sikaping,  22 Desember 2023.

Dalam kesempatan tersebut kepala DP3AP2KB Kabupaten Pasaman Furqan dalam laporannya mengatakan , bahwa tujuan diselenggarakanya workshop hari ibu ini adalah untuk memahami  kepada generasi muda betapa pentingnya peran ibu dalam pembangunan.

Selain itu merupakan upaya bangsa indonesia untuk mengenang dan menghargai perjuangan perempuan  indonesia dalam merebut dan mengisi kemerdekaan,  dan juga sebagai momentum perjuangan perempuan dalam kebangkitan bangsa , jelas Furqan.

Dan bertindak selaku narasumber workshop hari ibu tersebut Dosen Pasca sarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat Dr .Rahmi .MA,  dan di ikuti oleh seratus orang peserta yang terdiri dari pejabat pemerintah,  ketua dan anggota organisasi perempuan yang ada di Kabupaten Pasaman,  terang Furqan.

Sementara itu dalam kesempatan tersebut,  Ketua TP PKK Pasaman ny. Denny Sabar. AS saat menyampaikan sejarah lahirnya hari ibu secara nadional yang isinya antara lain Tonggak sejarah kiprah perempuan adalah Kongres Perempuan Indonesia ke-1, yang diselenggarakan tanggal 22 Desember 1928. 

Kongres ini menjadi momentum penting, yang menunjukkan kebulatan tekad kaum perempuan, untuk turut terlibat dalam perjuangan, menuju Indonesia yang merdeka, makmur, dan sejahtera.

Fakta historis perjuangan perempuan Indonesia ini menunjukkan bahwa perempuan Indonesia, sejak lama telah memiliki kesadaran sebagai "subjek" otonom, yang tidak menjadikan peran domestik, sebagai satu-satunya bentuk, atau pilihan bagi aktualisasi diri. Mereka sadar, bahwa Indonesia, tidak akan tiba pada kondisi yang dicita-citakan, selama kaum perempuannya, masih memiliki posisi dan peran marginal.,jelas Ny. Denni,  

Bupati Pasaman Sabar AS saat menyampaikan arahanya mengatakan , Momentum peringatan hari ibu yang dilaksanakan tiap tahunya merupakan wujud perhatian dan aptesiasi terhadap peran ibu ibu dalam sejarah perjuangan bangsa,  

Selain itu Sabar juga menjelaskan,  dalam perjalananya peran Ibu sangat penting dalam tatanan kehidupan berbangsa,  berbagai aspek dan peran telah dilakukan kaum ibu dalam ikut membangun bangsa ini. 

Masuk ke tema besar nasional, Perayaan Hari Ibu ke-95: “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju”. Tema tersebut dapat dimaknai sebagai 2 hal. Pertama, sebagai statement penghargaan sekaligus pengakuan atas sepak terjang perempuan Indonesia selama ini: bahwa kemajuan yang kita rasakan saat ini tidak terlepas dari kontribusi kaum perempuan yang berdaya. 

Kedua, sebagai harapan sekaligus dorongan, bahwa untuk mewujudkan Indonesia yang terus maju, perempuan yang berdaya adalah keniscayaan bahwasanya, perempuan berhak sekaligus wajib, untuk bangkit, tumbuh, dan berkembang.

Bertolak dari situ, mari bersama-sama terus kita perbaiki pola pikir dan pola kebiasaan, terkait peran dan posisi perempuan. Tingkatkan penghargaan terhadap perempuan, dan yang terutama, penghargaan perempuan terhadap dirinya sendiri. harap Sabar.AS.

Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan Pemotongan kue peringatan hari ibu ke 95 , dimana kue tersebut disuapkan pada  ketua TP PKK Pasaman,  sebagai wujud perhatian terhadap kaum ibu.

Turut hadir pada puncak peringatan hari ibu tersebut,  Plh Sekda Pasaman Yasri Uripsyah,  Kepala OPD,  Ketua Ormas Perempuan se Pasaman,  dan puluhan ibu ibu isteri kepala OPD dan Kabid dilingkungan Pemkab Pasaman. (Anrhony)

Posting Komentar

0 Komentar

.com/media/




Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza