PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Perjuangan Gubernur Mahyeldi Bangun Infrastruktur Sumbar Berbuah Manis

Tanamonews.com, Padang – Guna menuntaskan sejumlah program pembangunan infrastruktur di Sumbar, Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah terus menjalin komunikasi dengan pemerintah pusat. Komunikasi tersebut tidak hanya melalui kementerian dan lembaga. Bahkan, Gubernur Mahyeldi juga menyampaikan langsung pada Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat berkunjung ke Sumbar pada 25 Oktober 2023 lalu.

Saat itu, Presiden Jokowi meresmikan Bandara Mentawai yang juga menjadi penunjung insfrastruktur pariwisata. Kemudian Presiden Jokowi juga berjanji untuk membentuk pembangunan jembatan layang (fly over) di Sitinjau Lauik. Terbaru, Gubernur Mahyeldi bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia (RI),  Basuki Hadimuljono, melakukan peninjauan pembangunan Jalan Tol ruas Padang-Sicincin, di Kabupaten Padang Pariaman. Kamis (11/1/2024).

Mahyeldi meyakini, kedatangan Menteri PUPR ke Ranah Minang akan memberikan solusi nyata untuk percepatan pembangunan sejumlah proyek infrastruktur strategis di Sumatera Barat, seperti jalan tol Padang-Pekanbaru, perbaikan jembatan Kiambang Padang Pariaman, penataan Fly Over kelok sembilan hingga rencana pembangunan Fly Over Sitinjau Lauik.

Ia mengungkapkan, dalam peninjauan tersebut, Menteri Basuki telah meminta pihak PT Hutama Karya agar menambah jumlah tenaga kerja  untuk percepatan penyelesaian ruas tol Padang-Sicincin yang ditargetkan akan selesai pada Bulan Juli mendatang. “Beliau telah menandatangani dan menargetkan agar jalan tol Padang-Sicincin selesai pada Bulan Juli. Alhamdullilah, untuk urusan pembebasan tanah, BPN telah menyampaikan bahwa progresnya sudah mencapai 98 persen," ungkap Gubernur Mahyeldi.

Gubernur menjelaskan, adapun sebagian kecil tanah yang belum dibebaskan tersebut, saat ini sudah berada dalam tahap penyelesaian oleh Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) bersama   Badan Pertanahan Nasional (BPN). “Kemudian ada beberapa titik yang  perlu kita koordinasikan dengan Pemerintah Kabupaten Pariaman sekaitan dengan Exit Tol. Selanjutnya, tinggal bagaimana HK bisa memaksimalkan progres pengerjaan, karena sebagian besar permasalahan tanah sudah tuntas,” jelas Gubernur Mahyeldi.

Selain meninjau progress pembangunan jalan tol Padang- Sicincin, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama Gubernur Mahyeldi juga telah meninjau Jembatan Kiambang di Kabupaten Padang Pariaman dan membicarakan kelanjutan rencana pembangunan sejumlah proyek strategis lainnya di Sumbar. Hasilnya, Gubernur Mahyeldi menyebut semua rencana masih berjalan sesuai harapan. “Beliau juga memerintahkan Balai Jalan untuk segera mereview desain penataan Kelok Sembilan. Sekaitan Fly Over Sitinjaulauik, sudah kita tanyakan juga. Prosesnya saat ini sudah berjalan di Kementerian Keuangan,” ungkap Gubernur Mahyeldi.

Mahyeldi berharap seluruh rencana pembangunan proyek infrastruktur strategis di Sumatera Barat dapat berjalan sesuai harapan. Atas dasar itu, ia meminta agar komunikasi dan koordinasi antar pemerintah daerah dapat selalu lancar. “Insyaallah, saya juga sudah sampaikan kepada bapak Menteri bahwa secara berkala saya akan meninjau langsung ke lapangan untuk memastikan seluruh pelaksanaan benar-benar maksimal,” pungkas Mahyeldi.

Selain Gubernur, juga tampak hadir sejumlah pejabat lingkup Pemprov Sumbar mendampingi kunjungan kerja Menteri PUPR selama di Sumbar, diantaranya Kepala Dinas BMCKTR Sumbar, Era Sukma Munaf; Kepala Biro Administrasi Pimpinan, Mursalim. (adpsb)

Posting Komentar

0 Komentar

.com/media/




Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza