Ticker

6/recent/ticker-posts

Kapal LHD Type 075 Kedua AL Tiongkok Memulai Sea Trial

Tanamonews | Kapal landing helicopter dock (LHD) Type 075 kedua Angkatan Laut Tiongkok telah memulai sea trial. Kapal itu sebelumnya diluncurkan pada April 2020.

Type 075 adalah kelas landing helicopter dock atau kapal serbu amfibi yang dirancang dan diproduksi untuk AL Tiongkok oleh Hudong – Zhonghua Shipbuilding, grup pembuat kapal terbesar di Tiongkok dan konglomerat pembuat kapal terbesar kedua di dunia.

Type 075 sebanding dengan kelas Wasp, kelas kapal serbu amfibi/landing helicopter dock (LHD) yang dioperasikan oleh Angkatan Laut Amerika Serikat. Kapal jenis ini digunakan oleh Korps Marinir AS dan melakukan operasi pendaratan menggunakan kapal pendarat atau helikopter serta memberikan dukungan udara melalui pesawat serang AV-8B Harrier II atau pesawat tempur stealth F-35B Lightning II.

Type 075 akan digunakan oleh AL Tiongkok untuk membawa berbagai jenis helikopter untuk menyerang kapal, pasukan darat atau kapal selam musuh. 

Kapal juga akan digunakan untuk mengerahkan kapal pendarat dan pasukan, serta berfungsi sebagai kapal komando dan kendali.

Pengembangan LHD Type 075 secara resmi dimulai pada tahun 2011. Kapal tersebut akan memberikan kemampuan amfibi baru ke Angkatan Laut Tiongkok. 

Kapal memiliki  fitur dek penerbangan berukuran penuh untuk operasi helikopter, yang juga dapat berfungsi sebagai platform untuk pesawat short takeoff and vertical landing. 

Menurut narasumber militer Tiongkok, Type 075 akan mampu membawa sekitar 900 tentara dan melakukan operasi darat.

Menurut informasi yang diterbitkan oleh laporan Kongres AS, saat ini tiga Tipe 075 sedang dibangun. Type 075 pertama diluncurkan pada September 2019 dan telah melakukan sea trial pada Agustus 2020. (Ind)

Posting Komentar

0 Komentar

"Upaya Pemprov Sumbar Membangkitkan Ekonomi dimasa Pandemi Covid-19"





Welcome to Thank's