Ticker

6/recent/ticker-posts

Sandiaga Uno Sebut Pesisir Selatan Miliki Pesona Alam Yang Tak Kalah Indah Dari Raja Ampat

PAINAN, TANAMONEWS - SUMBAR | Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi Masjid Terapung Samudera Ilahi di Kawasan Pantai Carocok, Jum'at (23/4/2021) yang merupakan salah satu bukti Pesisir Selatan konsisten dengan  pariwisata halal.

Menurut Sandiaga Uno, Masjid terapung di Kawasan Pantai Carocok Painan, dapat menjadi kebanggaan masyarakat Pesisir Selatan serta menjadi icon Pariwisata Pesisir Selatan.

"Satu tahun lebih kita menghadapi pandemi Covid-19, namun kita harus siap-siap tren pariwisata baru lokal akan menjadi pemenang," kata Sandiaga Uno.

Keindahan alam Sumatera Barat terangkum lengkap di tanah Minangkabau ini. Adanya Kawasan Mandeh yang dikenal dengan Raja Ampat-nya Sumatera.

"Dan ini adalah pariwisata yang menurut saya paradise of the saf, Raja Ampat-nya Sumatera, jadi kalau kita lihat tidak kalah sama Raja Ampat," jelasnya.

Oleh karena itu, Sandiaga mengatakan kunci dalam mengembangkan Kabupaten Pesisir Selatan adalah pariwisata yang berkualitas dan ramah lingkungan. Antara lain, pariwisata berbasis alam, berbasis wisata bahari, tetapi juga berbasis kebudayaan.

"Ada dua topik utama kita di Kabupaten Pesisir Selatan, pertama adalah bagaimana KEK yang sedang dirancang bisa menjadi salah satu pusat pertumbuhan berbasis pariwisata," ungkapnya.

Selain konsep pariwisata, Sandiaga mengungkapkan pihaknya akan berkolaborasi dengan sejumlah pihak, mulai dari pemerintah daerah hingga swasta dalam waktu dekat.

Tujuannya untuk menjadikan Kabupaten Pesisir Selatan sebagai salah satu ikon yang masuk ke dalam travel pattern bagi wisatawan yang berkunjung ke Sumatera Barat.

"Bisa dilihat sendiri begitu indahnya, begitu tenangnya alam di pesisir selatan, khususnya di Pantai Carocok ini. Jadi kita akan sukseskan program KEK tadi tentunya untuk menghadirkan pariwisata berbasis nature dan culture," lanjutnya.

Menparekraf berharap dalam membangun pariwisata perlu dukungan-dukungan dari segi amenitas (fasilitas pendukung) dan aksesibilitas (pencapaian). Jadi perlu pemetaan dan beberapa usulan.

"Dengan dibangunnya kembali program tourist information center, home stay yang kita akan bangun di desa wisata," papar Sandiaga Uno.

Selain itu, Bupati Pesisir Selatan Yusma Yul Anwar menyampaikan pembangunan masjid terapung, merupakan upaya untuk melayani pengunjung wisata khusus yang beragama Islam dalam menunaikan ibadah.

“Kita harapkan semua pengunjung ketika datang ke Kawasan Pantai Carocok Painan pelaksanaan ibadahnya tidak terganggu,” sebutnya.

Menurutnya, masjid semegah itu hadir atas permintaan wisatawan yang umumnya sulit beribadah ketika berlibur ke destinasi wisata.

"Tetapi di sini sudah ada masjid yang sangat megah, sangat cantik, ini adalah bagian daripada kelanjutan pelayanan. Mengenai layanan-layanan lain juga harus dibangun tempat-tempat tinggal dan saya usulkan di desa wisata, karena itu yang paling cepat," sebuatnya. (*)

Posting Komentar

0 Komentar

"Upaya Pemprov Sumbar Membangkitkan Ekonomi dimasa Pandemi Covid-19"



Welcome to Thank's