Ticker

6/recent/ticker-posts

PT INKA Ekspor 250 Kereta ke Bangladesh

Sebanyak 250 Kereta di Ekspor ke Bangladesh, PT INKA Dapat Laba Rp1,4 Triliun

Surabaya - PT Industri Nasional Kereta Api (INKA) mengekspor kereta ke Bangladesh. Sebanyak 250 kereta dikirim secara bertahap oleh perushaan BUMN itu.


Tanamonews.com | Direktur Utama INKA Budi Noviantoro mengatakan pengiriman kereta penumpang ke Bangladesh merupakan kali ketiga yang dilakukan pihaknya. Pengiriman itu merupakan dari total produksi 250 kereta untuk Bangladesh Railway. Dengan rinciannya yakni 50 kereta tipe BG dan 200 kereta tipe MG (meter gauge). Untuk pengiriman ini total nilai kontraknya sebesar Rp1,4 triliun untuk 250 kereta.

"Perbedaan kereta pada tipe BG dan MG ini terletak pada lebar track yang digunakan. Sebelumnya pada tahun 2016, PT INKA juga telah mengekspor sebanyak 150 kereta dengan nilai kontrak senilai US$ 72,39 juta dan 50 kereta ke Bangladesh pada tahun 2006 dengan nilai kontrak sebesar US$ 13,8 juta," kata Budi usai acara pengiriman kereta melalui Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Minggu (20/1/2019).

Sementara itu, Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Airlangga Hartarto mengatakan, Pemerintah memberikan penghargaan setinggi-tingginya atas keberhasilan PT. INKA yang mampu memenangkan tender pengadaan kereta api Bangladesh sebanyak total 250 gerbong. 

"Pencapaian membanggakan ini menunjukkan kemampuan enjiniring dan teknologi yang bersaing di kancah industri perkeretaapian duniaUntuk itu, pemerintah akan memperkuat bank ekspor untuk mendukung pembiayaan kegiatan ekspor agar industri mampu menembus pasar luar negeri," kata Airlangga.

Airlangga mengatakan dalam waktu dekat ini, PT. INKA sudah menerima kontrak dari Philipina dengan nilai total Rp700 miliar. Dan saat ini sedang dalam pengerjaan. 

"Kontrak dengan Filipina yaitu 4 KD dan 3 lokomotif dan 16 kereta penumpang. Sekarang ini sedang dikerjakan di PT INKA," tandasnya.

Penulis : Rivo Labbaika
dilansir : [celebestopnews.com]
Tag/Hyperlink : PT. INKA, BUMN, Kereta

Posting Komentar

0 Komentar



Tanamo News TV Channel




Welcome to Tanamo News.com