PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Anggota DPRD Padang, Azwar Siry: Minta Agar Peran Puskesmas Ditingkatkan

PADANG – Anggota Komisi IV DPRD Padang Azwar Siry laksanakan reses di Puskesmas Lapai, Senin (11/5). Dalam kesempatan itu dia menyatakan peran puskesmas sebagai langkah awal pencegahan Covid-19 harus dioptimalkan.


Tanamonews | “Sebagai fasilitas kesehatan pertama, Puskesmas berada di dekat lingkungan masyarakat sehingga mudah dijangkau. Makanya peran puskesmas dalam pencegahan penyebaran Covid-19 mesti ditingkatkan lagi,” kata Azwar Siry.

Dia mengatakan, peran puskesmas, selain mengedukasi untuk berperilaku hidup bersih, petugas puskesmas bertugas mendeteksi awal virus itu.

“Apalagi, dengan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), posisi dan peran Puskesmas menjadi sangat krusial, khususnya untuk memberikan informasi dan edukasi publik terkait Covid-19  dan skrining awal terhadap masyarakat sekitar.,” tambahnya.

Dia menekankan, pentingnya kesiapan Puskesmas dalam menjalankan perannya tersebut. Langkah untuk Puskesmas dengan penekanan, pada prinsip pencegahan dan skrining, serta tindak lanjut setelah hasil diketahui, merupakan langkah yang patut diapresiasi.

Kepala Dinas Kesehatan Padang, Feri Mulyani Hamid mengatakan, peran penting Puskesmas sebagai garda terdepan penanggulangan Covid-19, harus didukung oleh kesiapan sarana dan prasarana Puskemas.

Selain itu, informasi dan edukasi publik untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan peran Puskesmas harus digalakkan secara intensif oleh berbagai pihak, khususnya melalui puskesmas maupun lingkungan RT/RW sekitar.

“Lebih jauh, keberhasilan untuk menanggulangi Covid-19 juga membutuhkan kerjasama berbagai pihak, termasuk kesadaran dan kepatuhan setiap individu untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Kota Padang,” pungkasnya. (*)

Posting Komentar

0 Komentar





Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza