Ticker

6/recent/ticker-posts

Gubernur Sumbar Berharap Para Petani Milenial Bisa Menahan Lajunya Alih Fungsi Lahan

Tanamonews | PADANG - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi petani dan penyuluh dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia (SDM) sektor pertanian di Aula Kantor Gubernur, Sabtu (6/2/2021).

Bimtek tersebut merupakan kerja sama Badan Penyuluhan dan Pembangunan SDM Kementerian Pertanian dengan Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)  

Bimtek tersebut terutama bertujuan untuk mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) untuk menciptakan petani milenial di Sumatera Barat, khususnya di Kota Padang Sebagai regenerasi dari petani yang saat ini sudah banyak yang memasuki usia tidak produktif.

"Saat ini memang ada penurunan lahan pertanian di perkotaan, karena alih fungsi kepada bangunan dan insfrastruktur. Saya berharap para generasi muda bisa menahan lajunya alih fungsi, karena lahan sawah tetap kita pakai sebagai swabada pangan," kata Irwan Prayitno.

Dalam sambutan itu, gubernur Sumbar menyampaikan apresiasi kepada DPR RI Dr. Hermanto, SE, MM dan Kepala Balai Pelatihan Pertanian Jambi telah mengadakan acara pelatihan ini guna meningkatkan keterampilan petani dalam mengolah lahan pertanian.

"Bimtek ini dikhususkan untuk para petani generasi muda yang berada di Kota Padang untuk bisa mengelola pertanian secara maksimal. Sehingga bisa mendapatkan hasil dan kualitas produksi pertanian yang baik dan berkualitas," jelasnya.

Selain itu, Irwan Prayitno mengatakan, sektor pertanian tidak pernah mengenal pandemi, karena masyarakat butuh makan dan minum dari petani. 

"Yang mati itu industri-industri, gara-gara pandemi. Kalau petani sehat semua, Covid-19 mati karena matahari. Imun sehat ketika petani bekerja, berkeringat kena matahari Covid pun mati," sebutnya.  

Irwan Prayitno minta harus perhatikan petani jangan sampai berhenti. Apalagi pada kondisi pandemi ini. Masyarakat harus beraktivitas jangan berhenti karena pandemi. Pangan itu tidak boleh berkurang, kesediaan pangan itu harus lebih dari cukup untuk kebutuhan masyarakat. Pemerintah harus memikirkan kesediaan pangan ke depan. 

“Kita berharap dengan pelaksanaan Bimtek ini dapat ditingkatkan sinergitas antar lembaga dan hadir nya nara sumber dapat kita ambil manfaatnya bersama. Oleh karena itu, jadilah pemuda petani handal di tengah kota," ujar Irwan dan sekaligus membuka acara Bimtek Bagi Petani dan Penyuluhan. secara resmi


Posting Komentar

0 Komentar

"Iklan KPU Kota Bukit Tinggi" .com/media/





Welcome to Thank's