PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Persiapkan Launching Seribu KMB, Kanwil Kemenag Sumbar Adakan Rapat Pembentukan Pokja

Tanamonews, Padang - Dalam rangka pembentukan Kampung moderasi Beragama Tahun 2023, Kanwil Kemenag Sumbar melalui Bidang Penerangan Agama Islam, Pemberdayaan Zakat dan Wakaf melaksanakan rapat pembentukan Pokja Kampung Beragama di Lingkungan Kanwil Kemenag Sumbar bertempat di Aula FKUB Kanwil Kemenag Sumbar, Senin (12/06).

Rapat dipimpin oleh Kabid Penais Zawa diwakili Ketua Tim Kerja Penyuluhan Agama Islam, H. Yasril dihadiri oleh perwakilan dari Forum Kerukunan Umat Beragama, H. Zainal Tasar, Ketua Penyuluh Agama Islam Fungsional, Syaifudin Zuhri, Sekretaris Pokjaluh, David Abdullah, dan Penyuluh Agama Islam di Lingkungan Kanwil Kemenag Sumbar.

H. Yasril mengatakan rapat ini dalam rangka membentuk Pokja serta mempersiapkan launching Seribu kampung moderasi beragama se Indonesia  yang diagendakan pada bulan Juli mendatang secara serentak.

“Khusus Sumbar ada 38 kampung moderasi beragama stiap kecamatan ada 2 kampung yang di pilih, dan untuk padang yaitu Padang barat dan padang selatan,” ujarnya.

Ia menambahkan Kampung pada bulan Februari sudah dilaksanakan sosialisasi tentang kampung moderasi beragama di 19 Kab kota, dan telah dibentuk tim kerja moderasi beragama oleh Kabupaten Kota yang selanjutnya melakukan pembinaan pembinaan kepada kampung rintisan moderasi beragama.

“Kampung moderasi beragama ini merupakan upaya pembangunan paradigma masyarakat tentang kesadaran moderasi beragama yang dilaksanakan berbasis lingkungan desa atau kelurahan,” tambahnya.

Disampaikannya lagi bahwa Pemerintah menggelontorkan anggaran sebesar Rp. 35.000.000,- (tiga puluh lima juta rupiah)untuk pembentukan KMB (Kampung Moderasi Beragama) di 482 Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kota se Indonesia.

Pembentukan Pokja KMB ini dimulai dimuali dari Bimas Islam Kemenag RI kemudian Kanwil lanjut ke Kabuapten Kota dan KUA. Setiap Pokja KUA Kecamatan menentukan satu desa atau Keluarahan untuk dilakukan kegiatan rintisan. Pelaksanaan kegiatan rintisan dimuali dari tanggal 16 Maret dampai dengan 15 Juni 2023.

Penilaian hasil rintisan menetapkan KMB terbaik yang akan dilaunching berdasarkan target yang telah ditetuntakan. Terkhir ia menginformasikan saat ini sudah terbentuk 5.945 Pokja KMB tingkat KUA dengan rintisan Kampung Moderasi Beragamanya.***

Posting Komentar

0 Komentar

.com/media/




Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza